MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA GAMBAR MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN NEGERI PEMBINA KOTA MOJOKERTO

  • Nunik Wahyuni
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara anak Kelompok Bermain Negeri Pembina Kota Mojokerto yang masih relatif rendah dalam mengenal nama, ciri-ciri dan manfaat binatang. Anak mengalami kesulitan dalam menyatakan kata nama gambar binatang, belum mampu menyebutkan ciri-ciri binatang dan belum mampu melakukan percakapan dengan guru tentang manfaat binatang. Hal ini dikarenakan materi pembelajaran dalam aspek berbicara tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian anak sehingga anak hanya diarahkan untuk berbicara mengulangi nama, ciri-ciri dan manfaat binatang. Sebagai pemecahan dari masalah tersebut salah satu metode yang digunakan adalah metode bercakap-cakap melalui media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media gambar melalui metode bercakap-cakap dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak Kelompok Bermain.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Negeri Pembina Kota Mojokerto yang berjumlah 15 anak, yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data menggunakan statistik deskriptif.  Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh keterampilan berbicara anak sebesar 67%. Hasil penelitian ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak sebesar 76%. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh bahwa keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil terebut dapat disimpulkan bahwa media gambar melalui metode bercakap-cakap dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Kata Kunci : Media Gambar, Bercakap-Cakap, Keterampilan Berbicara.

ABSTRACT

This research is motivated by the speaking skills of preschool children Mojokerto State Trustees are still relatively low in familiar names, characteristics and benefits of animals. Children have difficulty expressing words name pictures of animals, has not been able to mention the characteristics of animals, and have not been able to have conversations with teachers about the benefits of animal. This is because the learning materials improve speaking skills in children less interesting because the teacher does not use the media and children were only asked to speak repeat-ngulang the names, characteristics, and benefits the animals. For solving these problems is to use the media image and use the method chatted to improve speaking skills in children. The purpose of this study was to determine the increased skills speak to media images through the method of conversing State Trustees preschool children in Mojokerto..  This study uses action research conducted in the form of a cycle. Each cycle consists of: planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were students of Trustees of State Play Group Mojokerto totaling 15 students, with details of a number of boys and girls 8 number 7. Data collection methods used were observation and documentation, while the method of data analysis using descriptive qualitative.  Based on the results of research data on the data obtained prasiklus child speaking skills by 40%, the data obtained in cycle 1 child speaking skills by 67%. This research shows this has not been successful because it has not reached the criteria of success is 76%. This research is continuing in cycle 2. At cycle 2 data showed a child speaking skills by 85%. Based on the results of the data analysis cycle 2, this study declared successful and it can be concluded that the media images and converse method can improve speaking skills.

Keywords: Media Images, conversation, Speaking Skills

Published
2014-11-01
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 62