MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN BERMAIN KOTAK KARTU BERHITUNG (STUDI KASUS PADA KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV LAWANG

  • HESTIDIAS DWI HARTONO

Abstract

Kotak kartu berhitung merupakan suatu bentuk media pembelajaran yang berbasis permainan,terdiri atas kotak kartu dan kartu-kartu untuk menghitung. Kartu berhitung sebagai mediapembelajaran dengan unsur permainan yang dapat memberikan rangsangan pada anak-anak untukterlibat aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Seperti halnya yang dilakukan pada TKAisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang, pola pembelajaran matematika yang dilakukan berorientasipada kegiatan belajar seraya bermain sehingga anak-anak tidak ada yang tertekan disaat gurumengajak anak-anak untuk belajar berhitung, anak-anak merasa senang karena disaat gurumengajak belajar berhitung anak-anak merasa tidak diajak untuk belajar namun bermain. Tujuanpenelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan permainan kotakkartu berhitung pada kemampuan kognitif anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yang akan digunakan untukmenjelaskan permainan kotak kartu berhitung pada perkembangan kognitif anak. Teknik analisisdata yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan deskriptif yang berupa rumusprosentase. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Dari hasilperhitungan diperoleh hasil prosentase telah mencapai target dalam penelitian yaitu 93,29 %. Haltersebut menunjukkan bahwa anak-anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang terutamaanak-anak kelompok A sudah menguasai angka 1-20 terutama bisa mengikuti kegiatan permainanyang telah di berikan pada pengembangan kemampuan kognitif.

Kata Kunci: bermain kotak kartu berhitung, kemampuan kognitif

Abstract

Box counting cards game is a form of game based learning media, consisting of the cardbox and cardstocalculate. Cardscountas amedium of learning with gameelements that can providea stimulus tothe children tobe actively involved during the learning process takes place. As did on TK AisyiyahBustanul Athfal IV Lawang, a pattern that made learning math oriented learning activities whilethe kids play so that noting is depressed when the teacherasked the children to learnmath, thechildren feel happy because when the teacher asked counting the children were notinvite to learnbut to play. Research objectives to be achievedin this study was to describe the were not invitetedto learn but to play. Research objectives to be achievedin this study was to describe the gameboxcountingcards on the cognitive abilities of children in TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang.Data collection method used are observation method to be used to explain the game boxcountingcards in children’s cognitive development. Data analysis teachnique used is the technique with adescriptive analysis of qualitative data in the from of percentageformula. To check the validity ofthe data using the method of triangulation techniq use. From the calculation resultsobtained by thepercentage has reached the targeting the research that is 93,29%. It shows that children inkindergarten TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang especially children, group A has masteredfigure 1-20 can take part in the game especially has given to the development of cognitive abilities.

Keywords: box counting cards game, cognitive ability

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 146