PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) MAZE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-FITHROH

  • Asni Ariny Haque
  • Rohita Rohita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK AL-fithroh Surabaya yang masih rendah. Hal ini terlihat pada saat anak belum mampu membuat garis, terdapat 20 anak  dari 40 anak di kelas belum mampu membuat garis. Keadaan ini disebabkan karena kurangnya kreatifitas dalam pembelajaran. Dalam hal ini kemampuan motorik halus dipengaruhi oleh APE maze sehingga penggunaan APE maze harus di sesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan motorik halus anak dipengahuri APE maze.

Penelitian ini menggunakan  desain penelitian Quasi-Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design dengan melakukan observasi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Sampel pada penelitian ini masing-masing berjumlah 20 anak dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Mann-Whitney U Test (uji U).

Berdasarkan hasil perhitungan uji Mann-Whitney pada taraf signifikan 50% menunjukkan bahwa nilai exact [2*(1-tailed)] adalah 0,000, yang artinya 0,000 < α (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) maze terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Al-Fithroh Surabaya.

 

Kata kunci: Alat Permainan Edukatif (APE) maze, kemampuan motorik halus.

Abstract

This research is motivated by the fine motor skills of children in kindergarten group A AL-fithroh Surabaya is underaverage low. This could be seen when a child has not been able to make a line, there are 20 children of 40 children in the class have not been able to make a line. This situation is caused by the lack of creativity in learning. In this case the fine motor skills are affeted by yhe use of APE maze that must be tailored to the stages of child development. Purpose of this study is to describe how the child’s fine motor skills are affected APE maze.

This study used Quasi-Experimental with Nonequivalent Control Group Design by doing observation before treatment (pre-test) and after treatment (post-test) in the control and experimental group. Collecting data used was an observation method. Samples of this study consist of 20 children of the control and experimental group. Analytical techniques used a non-parametric analysis are Mann-Whitney U test.

Based on the results of Mann-Whitney U test, a significant level of 50% indicates that the value of  the exact value [2*(1-tailed)] the influence of APE Maze was 0,000 (p<0,05),than Ho is rejected and Ha accepted. Based on these results we can conclude that there is a APE maze influence on fine motor skills in children’s group A in Al-Fithroh kindergarten Surabaya.

Keywords: APE maze, group A, fine motor skills.

Published
2014-11-01
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 156