PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN PASIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PPT PELANG

  • Suwartini Suwartini
  • Zainul Aminin

Abstract

Latar belakang permasalahan yang ada dilapangan menunjukkan bahwa anak PPT Pelangi Surabaya khususnya dalam kemampuan motorik halus sangat kurang pada waktu anak menggenggam kertas. Hal ini terlihat dari 20 anak hanya 25 % atau 5 anak yang sudah terlihat motorik halusnya. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba menerapkan kegiatan bermain pasir untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan aktivitas guru,anak,untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui bermain pasir.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan,pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak PPT Pelangi Surabaya adalah sebanyak 20 anak terdir atas 8 anak perempuan dan 12 anak laki laki.Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak melalui bermain pasir sebesar 25%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria tingkat percapaian perkembangan anak sebesar 80%, sehingga penelitian di lanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penggunaan media bermain pasir dapat meningkatkan kemampuan motoric halus anak di PPT Pelangi Surabaya.

Kata Kunci: Bermain Pasir, Kemampuan Motorik Halus

ABSTRACT

The background of the existing problems in the field indicate that the child PPT Rainbow Surabaya especially in very poor fine motor skills when children grasp the paper. This is evident from the 20 children only 25% or 5 children who already looks fine motor skills. Based on the researchers tried to apply sand play activities to improve fine motor skills anak.Tujuan of this study is to describe the activities of teachers, children, to improve children's fine motor skills through play sand.  This study uses action research (action research class) is designed in the form of a repeating cycle. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Subjects in this study were children PPT Rainbow Surabaya are as many as 20 children terdir top 8 girls there were 12 boys laki.Teknik penggumpulan data used is dokumentasi.Teknik observation and data analysis that is in use is deskriftip statistical analysis. Based on the results obtained in cycle 1 results indicate that the fine motor skills of children through play sand by 25%. This study shows a class action has not been successful because the criteria percapaian level of child development by 80%, so the research was continued in the second cycle. The results of the study showed that 2 cycles of fine motor skills a child has increased by 85%. Based on these results we can conclude media use play sand can increase the fine motoric abilities in children PPT Rainbow Surabaya.

Keywords: Play Sand, fine motor skills

Published
2014-11-01
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 82