MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DARUSSALAM TENARU DRIYOREJO GRESIK

  • Muawanah Muawanah
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Darussalam Tenaru Driyorejo Gresik yang masih relatif rendah. Hal ini terlihat dari 20 anak hanya 5 anak yang mampu membuat garis datar, tegak, miring, lengkung, dan lingkaran dengan baik. Salah satu alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak adalah dengan teknik melukis dengan jari (Finger Painting). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Darussalam Tenaru Driyorejo Gresik melalui teknik melukis dengan jari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Darussalam Tenaru Driyorejo Gresik yang berjumlah 20 anak terdiri atas 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh kemampuan motorik halus anak sebesar 60%. Hal ini menunjukkan penelitian ini belum berhasil karena kreteria tingkat perkembangan anak belum tercapai sebesar ≥76%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II kemampuan motorik halus anak mengalami penigkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui teknik melukis dengan jari.

Kata kunci : Kemampuan motorik halus, melukis dengan jari

Abstract

The current study is motivated by the relatively low fine motor skills possessed by the children of group A at TK Darussalam Tenaru Driyorejo Gresik. The problem can be seen in the fact that out of 20 children, there were only 5 children who were able to perfectly draw horizontal lines, vertical lines, diagonal lines, curve lines, and circles. Hence, one of the ways to overcome these obstacles and improve the children’ fine motor skills is by implementing the finger painting technique. In line with the prior explanation, the purpose of the study is to improve the fine motor skills of children in group A of TK Darussalam Tenaru Driyorejo Gresik by means of implementing finger painting technique.  This study is a Classroom Action Research which is designed in a repetitive cycles. In which each cycle consists of: planning, implementing, observing, and reflecting stages. The subject of the study is made up of the whole children in group A of TK Darussalam Tenaru Driyorejo Gresik. Specifically, the subjects of the study include 20 children, 11 boys and 9 girls. Furthermore, the data collection technique is observation while the data analysis technique is in the form of descriptive statistics.  Finally, based on the data of the study gathered in cycle I, it can be found that the children’s fine motor skills reaches a percentage of 60%. The result indicates that the study has yet to attain its goal and expected behavioral criteria that is ≥76%. Therefore, the study continued to cycle II. In cycle II, the percentage of children’s fine motor skill reaches 85%. As a result, referring to the result of data analysis conducted on the second cycle’s data, the study is declared to have met its aim. In addition, it can be concluded that the children’s fine motor skills can be improved through the implementation of finger painting technique.

Key Words: fine motor skills, finger painting

Published
2014-11-01
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 72