HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN I DAN TK ISLAM NURUL MUTTAQIN PESISIR KEC. CAMPLONG

  • AMALINA SURYA PUTRI

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan sarana terbaik bagi pembentukan kepribadian anak yangutuh dan terintegrasi. Beragam bentuk pola asuh bisa dipilih dan digunakan oleh orang tuauntuk mendidik anak-anaknya. Perbedaan pola asuh orang tua menyebabkan adanyaperbedaan kemandirian anak. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahuihubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di sekolah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasadalah pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikatnya adalah kemandirian anak. Populasipenelitian ini adalah seluruh anak didik di dua TK yaitu TK dharma Wanita Persatuan 1Camplong dan TK Islam Nurul Muttaqin Pesisir Camplong. Sampel penelitian keseluruhanberjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknikwawancara antara guru dengan anak untuk mengetahui pola asuh demokratis orang tua danmenggunakan teknik observasi untuk mengetahui tentang kemandirian anak di sekolah yangdiisi oleh guru. Uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan AlphaCronbach.Perhitungan dengan rumus Produk Moment digunakan untuk mengetahui ada tidaknyahubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak di sekolah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara pola asuh orang tua dengan kemandiriananak yaitu r hitung (0,801) > r tabel (0,514) yang berarti bahwa terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak.

Kata Kunci : Pola asuh demokratis orang tua, kemandirian anak

Abstract

Parenting was the best means for the formation of the child's personality is intact andintegrated. Various forms of parenting can be selected and used by parents to educate theirchildren. The difference in parenting caused the child's independence difference. The researchwas conducted in an effort to determine the relationship of parenting with the child’sindependence at school.The research method used in this research is quantitave correlational. Which consistedof two variables: the independent variable and the dependent variable. The independentvariable was parenting, while the dependent variable is the child's independence. The studypopulation was all students in two kindergarten namely TK Dharma Wanita Persatuan I andTK Islam Nurul Muttaqin Pesisir Camplong. The total number of sample for this research is 30children. Data collection techniques in this study using interview techniques between teachersand children to know their parents democratic parenting and using observation techniques todetermine the independence of children at the school were filled by teachers. The validity testused the Product Moment formula, and reliability test used with Cronbach alpha.The computation of Product Moment formula used to determine whether there is asignificant relationship between the independent democratic parenting children in the school. The results showed that the correlation between parenting with the child's independence,namely r count (0.801) > r table (0.514) which means that there is a positive and significantrelationship between parenting with the child's independence.

Keywords: Parenting, child’s independence

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 175