MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DENGAN MEDIA POP UP 3 DIMENS I TK KARYA BHAKTI KELURAHAN WATES KECAMATAN MAGERSARI KOTA MOJOKERTO

  • Pristianing Dwi Handini
  • Sri Setyowati

Abstract

Bahasa adalah salah satu dari aspek perkembangan pada anak untuk perkembangannya perlu diberikan stimulus yang tepat dan memadai. Perkembangan bahasa anak mencakup ragam bahasa lisan dan tulisan, dan berbicara termasuk ragam bahasa lisan yang merupakan kemampuan berbahasa pertama yang harus dikuasai oleh anak. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang kurang memperhatikan perkembangan kemampuan berbicara anak. Hal tersebut terjadi pula pada TK Karya Bhakti tempat peneliti bekerja. Perkembangan berbicara anak masih kurang dari separuh yaitu hanya mencapai 25 % karena selama ini guru kurang menggunakan media yang menarik bagi anak. Media POP UP 3 Dimensi merupakan media yang cocok untuk merangsang perkembangan berbicara anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas anak dan tingkat efektivitas kemampuan berbicara anak dengan menggunakan media POP UP 3 Dimensi pada anak kelompok B Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK Karya bhakti yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih mencapai 50%. Hasil tersebut masih belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak , sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasl sebesar 80%. Berdasrakan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media POP UP 3 Dimensi dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Karya Bhkati Kota Mojokerto

Kata Kunci : Berbicara, Media POP UP 3 Dimensi

 

ABSTRACT

Language is one of the aspects of development in children. for development needs to be given proper and adequate stimulus. language development of children includes a variety of spoken and written language, and speak a variety of languages spoken included in which is the first language skills mastered by children. but in reality there are many teachers who pay less attention to the child's speech development. it also happened in kindergarten Karya Bhakti where researchers work. language development in children in group B are still far from half or about 25% due to lack of teachers who used the media attention so that children become bored., and pop-up 3-dimensional media is media that is suitable to stimulate speech development in children. purpose of this study was to describe the activity of the child and the child's level of effectiveness of speech by using a pop-up 3-dimensional media in children in group b This study uses action research consisting of 2 cycles. each cycle consists of four phases: planning, action, observation, reflection. research subjects are children kindergarten Karya Bhakti totaling 20 children comprising 11 boys and 9 girls. data collection techniques used observation and documentation, while analysis using descriptive statistics Research results in the first cycle showed that the ability to talk to children still achieve mastery value by 50%, the result still does not meet the criteria of the achievement level of child development , so the research continued on the second cycle. results obtained in the second cycle by 80%. based on these results we can conclude that the pop-up 3-dimensional media can increase the ability to speak anank group B in kindergarten Karya Bhakti mojokerto city.

Key words : speaking, media pop-up 3-dimensional

Published
2014-11-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 37