PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONS EP BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN KAPAL TEMPEL PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN TARBIYATUL ATHFAL KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO

  • Nur Lailatul Maghfiroh
  • Sri Setyowati

Abstract

Salah satu bidang pengembangan di kelompok bermain adalah bidang pengembangan kognitif. Bidang pengembangan kognitif umumnya dikembangkan melalui kegiatan mengelompokkan, mengenal bentuk, mengenal konsep, berhitung. Berdasarkan hasil observasi di Kelompok Bermain Tarbiyatul Athfal Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto ditemukan 4 anak yang mampu mengenal konsep bentuk geometri dengan baik, sedangkan 11 anak belum berkembang sesuai harapan untuk mengenal konsep bentuk geometri. Peneliti mengetahui bahwa dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri tidak ada alat permainan yang menarik sehingga membuat anak merasa bosan dan tidak menghiraukan guru pada kegiatan berlangsung. Oleh karena itu salah satu cara untuk peningkatan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri yaitu dengan menggunakan perm ainan kapal tempel. Permainan kapal tempel pada anak Kelompok Bermain merupakan salah satu cara untuk peningkatan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas dan efektivitas kemampuan mengenal konsep bentuk geometri dengan permainan kapal tempel pada anak Kelompok Bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Tarbiyatul Athfal Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas anak sebesar 60% dan peningkatan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri sebesar 53% . Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I maka penelitian berlanjut pada siklus II, karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yang diharapkan sebesar >76% belum tercapai. Pada siklusII diperoleh data aktivitas anak meningkat menjadi 100% dan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan kapal tempel dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri di kelompok bermain Tarbiyatul Athfal Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

Kata Kunci : Permainan, bentuk geometri.

ABSTRACT

One of development on play group is kognitif development. Kognitif field generally developed through classifying, recognize shapes, recognize concepts, and counting. Based from the observation result on play group Tarbiyatul Athfal Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. There are 4 children that can the ability to recognize the geometri very well, while 11 children still cannot recognize the geometri very well. Researchers know that in improving the ability of the concept of geometric shapes nothing exciting game tool so it makes children feel bored and ignored the teacher on onging activittes. There fore one way to increase theability to recognize the concept of geometric shapes by using the paste ships games. Game ships paste on child playgroup is one way to improve the ability to know the concept of geometric shapes.  This research is using class action research with 2 cycles. Each cycle has 4 steps; planning, action, observation, and reflection. The subject of his research are children from playgroup Tarbiyatul Athfal Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto that consist of 15 children. The data collecting technique are using observation and documentatio, While data analysis using descriptive statistics.  Based on the analysis data in cycle I child activity by 60% and an increased ability to recognize the concept of geometric shapes by 53%. Based on research results in cycle I, the researcher continues to cycle II, because the criteria for the achievement levels of child development that is expectedby >76% has not been reached. Date obtained in cycle II children at 100% activity and the ability to reognize the concept of geometric shapes by 85%. Based on these resuts we can condude that the game ships paste can improve the ability to know the concept of geometric shapes in playgroup Tarbiyatul Athfal Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

Key words: game, geometri shape

Published
2014-11-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 33