PENERAPAN METODE BERCERITA MELALUI STORY READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI

  • Anifah Anifah
  • Nurhenti Simatupang

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil studi awal yang menunjukkan kondisi kemampuan bercerita anak kelompok A TK Pertiwi Kesamben Jombang masih rendah. Hal ini terlihat pada kegiatan bercerita anak masih belum dapat memusatkan perhatiannya pada cerita yang disampaikan oleh guru sehingga tidak memahami isi cerita tersebut dan belum dapat menceritakan isi cerita secara sederhana. Melalui metode bercerita diharapkan dapat merangsang anak untuk menceritakan kembali isi cerita meskipun tidak sama seperti yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah mendiskrisipkan aktifitas guru, aktifitas anak dan peningkatan kemampuan bercerita anak melalui story reading pada anak kelompok A TK Pertiwi Kesamben. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus, terdiri atas 2 silkus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pertiwi yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data peningkatan kemampuan bercerita anak pada siklus I diperoleh data observasi aktifitas guru 75%, hasil observasi aktifitas anak 55% dan hasil observasi kemampuan bercerita 55%. Hal ini menunjukkan penelitian belum berhasil karena kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak sebesar 75%, sehingga penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil observasi aktifitas guru mengalami peningkatan sebesar 87% hasil observasi aktifitas anak 85% dan hasil observasi kemampuan bercerita 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita melalui story reading dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A Tk Pertiwi Kesamben Jombang.

Kata kunci: kemampuan bercerita, story reading

ABSTRACT

Background research was preceded by the results of a preliminary study that shows the condition of children's ability to tell A group of TK Pertiwi is still low. This is seen in the activities of children are still not able to tell it focuses on the story told by the teacher, so it does not understand the contents of the story and can not simply tell the story. Through storytelling method is expected to stimulate the child to retell the story though is not the same as that delivered ole teacher. Purpose of this study is to describe the activities of teachers, children's activities, and an increased ability to tell a story through A group of children reading at TK Pertiwi. This study uses this type of research in the form of classes designed cycle consists of two cycles, each cycle consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. Subjects of this study were A group of TK Pertiwi of 20 children, consisting of 11 boys and 9 girls. Data collection techniques in this study using observation and documentation, while data analysis using descriptive statistical. Based on data analysis tell children increased capacity in the first cycle of observation data obtained activities of teachers 75%, the observation of the activities of children 55%, and the observation of ability to tell 55%. This case study shows the criteria have not been successful due to the development of children's achievement levels by 75%, so the research continues on the second cycle. Results obtained in the second cycle of observation activities of teachers increased by 87%, the result of observation activities of children 85%, and the 85% observational storytelling ability. Based on these results it can be concluded that the application of the method of telling a story through reading can enhance the child's ability to tell A group of TK Pertiwi.

Key word : ability to tell a story, story reading

Published
2014-11-01
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 902