PEMANFAATAN MEDIA KERTAS BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK KHADIJAH III DARMO INDAH SURABAYA

  • SUROIYAH
  • Mas'udah Mas'udah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah selain untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kertas bekas dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Khadijah III Darmo Indah Surabaya sekaligus juga untuk memahami mengenai pembuatan bahan ajar murah dan mudah didapat di lingkungan belajar anak yang dapat memacu kreatifitas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat partisipatif dan bertahap, dan dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil analisa, didapatkan anak berhasil dengan baik dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dan membedakan benda berdasarkan banyak-sedikit mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 61 % dan meningkat menjadi 92 % pada siklus kedua.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Kertas Bekas

Abstract

The aims of this research are to know the effectiveness of using used paper to improve children’s cognitive skill in B group at Khadijah III kindergarten Darmo Indah Surabaya, and to know the process of making cheap learning materials and easily to get in children’s learning environment which can develop their creativity.This research is a participative and continued classroom action research. It is conducted in two cycles. Based on the data analysis, there are 61% children who succeed well in mantion number 1 till 10, things classification based on colors, and knowing the differences little and much things in the first cycle, and it becomes 92% in the second cycle.

Keywords : cognitive skill, used paper

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 16