PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MELALUI MEDIA SPIDOL DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS ANAK KELOMPOK A TK HARAPAN KITA SURABAYA

  • NUNUK FARIDA

Abstract

Kemampuan menggambar adalah kecakapan, ketangkasan, bakat kesanggupan melakukan suatu perbuatan ataukegiatan – kegiatan yang membentuk imajinasi dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Apabilakemampuan menggambar tersebut mengalami gangguan maka akan menghambat kemampuan dalamberkreativitas. Anak kelompok A adalah anak berusia 4 – 5 tahun yang harus diperhatikan pertumbuhan danperkembangannya. Anak yang mengalami kesulitan pada kemampuan menggambar menyebabkan anak tidakberani mencoba menggambar.Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah meningkatkankemampuan menggambar melalui media spidol dengan metode pemberian tugas anak kelompok A TK HarapanKita Surabaya?Penelitian ini dilakukan pada anak TK A Harapan Kita yang mengalami kesulitan dalammenggambar untuk menuangkan ide dalam menggoreskan krayon pada kertas gambar.Oleh karena itudibutuhkan latihan menggambar sehingga dapat meningkatkan keberanian dalam menggambar tersebutdiberikan melalui media spidol dengan metode pemberian tugas.Penelitian ini menggambarkan jenis penelitiantindakan kelas dengan desain penelitian tindakan model Hopkins, metode pengumpulandata dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untukmendeskripsikan perubahan pemberian tindakan melalui media spidol memperbaiki dan meningkatkankemampuan menggambar anak.Analisis yang digunakan anak dalam penelitian ini adalah analisis refleksiberdasarkan siklus – siklus.Dari temuan penelitian menunjukkan dengan melalui metode pemberian tugasmenggambar pada anak kelompok A TK Harapan Kita yang ditunjukkan dalam siklus I dan siklus II.Dari hasilpenelitian tindakan berdasarkan siklus – siklus ditemukan siklus II > siklus I, siklus II kemampuan menggambarmeningkat sebesar 38,75% sedangkan siklus I meningkat sebesar 28,33%.

Kata kunci : Menggambar, media spidol dan metode pemberian tugas.

Abstract

The ability to draw is a skill, dexterity, talent ability perform an action or activity- activities that make up theimagination of many options using techniques and tools. When drawing ability is impaired it will inhibit theability of creativity. A child group is children aged 4-5 years to watch its growth and development. Childrenwho have difficulty in drawing ability causes the child did not dare try to draw. Formulation of the problem inthis study, "How improving drawing skills through the medium of markers with the method of task group Akindergarten child Harapan Kita Surabaya? The research was conducted at Harapan Kita A kindergartner whohave difficulty in drawing for ideas for scraping crayon on paper drawing. Therefore, it takes practice to drawso as to increase courage in drawing markers are rendered through the media with the method ofadministration tasks. This study describes the types of classroom action research with action research designmodel of Hopkins (in Aqib 2006:48), the method of data collection in this study is the observation anddocumentation. Data analysis was conducted to describe the change of administration actions through mediamarkers to improve and enhance the child's ability to draw. The analysis used children in this study is theanalysis of reflection based on cycles - cycles. From the findings of the research show through the method ofadministration tasks such as drawing on a group of kindergarten children Harapan Kita shown in cycle I andcycle II. From the results of action research based on cycles - cycles found second cycle> first cycle, secondcycle drawing skills increased by 38,75% while the cycle increased by 28.33%.

Keywords: Drawing, markers and methods of media tasks.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 341