PENERAPAN MENGENAL KONSEP BANGUN GEOMETRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN MERONCE SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD ANGGREK SIDOARJO

  • ANGGAR WIDHI LESTARI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak dalam proses belajar bangun geometri. hal inidapat dilihat pada proses belajar yang kurang efektif dan tidak berdasarkan pada kebutuhan anak. Makapenulis akan mengimplementasikan penerapan mengenal konsep bangun geometri melalui kegiatanbermain meronce sebagai upya pengembangan kognitif anak usia dini di PAUD Anggrek Sidoarjo.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan mengenalbangun geometri melalui bermain meronce sebagai upaya pengembangan kognitif anak usia dini di PAUDAnggrek Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pre–eksperimental design dengan penelitianpre-test dan post-test group design observasi di berikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hal ini dibuktikan dengan t hitunglebih besar dibandingkan t tabel pada taraf signifikansinya 0,456 dengan (d.b) = 19 sebesar 1,725 dan hasilnilai yang diperoleh adalah 13,78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara signifikan penerapanmengenal konsep bangun geometri melalui kegiatan bermain meronce dapat meningkatkan Perkembangankognitif anak 3-4 tahun di PAUD Anggrek.

Kata Kunci: penerapan mengenal bangun geometri, metode bermain meronce

Abstract

This research was based on the children’s difficulties in learning geometrical shape. It can be proved bythe ineffective learning process and the learning process which is not based on the children’s need. Itcouses the writer to use making tassel activity as a way to develop young learner’s cognitive skill atAnggrek PAUD Sidoarjo in recognizing the geometrical shape.The purpose of this research was to know the result of applying tassel activities to develop youngleaner’s cognitive skill in recognizing geometrical shape at Anggrek PAUD Sidoarjo. The research methodused in this research was pre-experimental design by using pre test and post test group design. Theobservation was conducted before applying the tassel activities and after applying it. The data collectingmethods were observation and documentation.It is proven by t count that is bigger than t table in thesignificant level of 0,456 and (d.b) = 19 is 1,725. The score is 13,78. Based on the result, it can beconcluded that making tassel activities can improve children’s cognitive skill of 3-4 years old at AnggrekPAUD in recognizing the geometrical shape concept.

Keywords : recognizing geometrical shape, making tassel method.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 325