MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DAN KARTU ANGKA BERWARNA PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA GEDEG MOJOKERTO

  • Alfa Nuroniyah
  • Nurhenti Simatupang

Abstract

Berdasarkan penelitian observasi untuk kelompok A di TK Dharma Wanita Gedeg Mojokerto banyak ditemukan anak-anak yang masih belum dapat mengenal konsep bilangan 1-10. Hal ini disebabkan karena kurangnya media yang dapat menarik perhatian anak dan kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media. Selain itu media yang diberikan pada anak hanya berupa papan tulis dan kapur tulis saja sehingga pembelajaran kurang menyenangkan bagi anak. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan 1 – 10 melalui media kartu gambar dan kartu angka berwarna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media kartu gambar dan kartu angka berwarna dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan 1 – 10 pada kelompok A di TK Dharma Wanita Gedeg Mojokerto.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam siklus berulang yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan , observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak TK Dharma Wanita Gedeg Mojokerto yang berjumlah 27 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif..  Hasil dari penelitian pada siklus I kemampuan konsep bilangan anak sebesar 75 %, hasil penelitian ini belum sesuai dengan kreteria pencapaian perkembangan anak, oleh karena itu peneltian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menyatakan bahwa kemampuan konsep bilangan anak meningkat menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu gambar dan kartu angka berwarna dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan 1- 10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Gedeg Mojokerto.

Kata kunci: kemampuan konsep angka, gambar dan kartu nomor mendukung aktifitas.

Abstrack

Based on observational studies for group A in kindergarten Dharma Wanita Gedeg Mojokerto found many children who still can not recognize the concept of numbers 1-10. This is caused by the lack of media that can attract the attention of children and lack of teachers' creativity in the media. Besides the media given to children only a blackboard and chalk just so that learning is less fun for children. One medium that can enhance the ability of the concept of numbers 1-10 through media cards and card numbers colored images. The purpose of this study was to determine whether an image through the media card and colored number cards can increase the ability of the concept of numbers 1-10 in group A in kindergarten Dharma Wanita Gedeg Mojokerto. This study uses action research designed in a repeating cycle consisting of 2 cycles. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation and reflection. The subjects were children kindergarten Dharma Wanita Gedeg Mojokerto totaling 27 children. Methods of data collection using observation and documentation while data analysis using descriptive statistical analysis.  The results of the study in the first cycle number concept children's ability by 75%, the results of this study have not been in accordance with the criteria of the achievement of child development, therefore other research continues on the second cycle. The results of the study in the second cycle number concept states that a child's ability to increase to 87%. Based on these results we can conclude that the media card image and colored number cards can increase the ability of the concept of numbers 1-10 for children in kindergarten group A Dharma Wanita Gedeg Mojokerto.

Key words: the ability of the concept of numbers, images and card numbers support activities.

Published
2014-11-01
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 40