Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Warna-Warni Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresik

  • nurul arifah
  • Sri Setyowati

Abstract

Masa yang tepat dan terbaik untuk belajar membaca dan mengerti angka adalah umur 4 – 5 tahun. Pada masa ini, anak bisa dengan mudah menerima pelajaran dibandingkan masa sesudah itu. Sementara itu, anak berumur 4 – 5 tahun akan belajar dengan mudah, gembira, dan bersemangat. Kemampuan membaca awal mengacu pada kecakapan yang harus dikuasai pembaca yang berada dalam tahap awal membaca kecakapan yang dimaksud adalah kode alfabetik. Masalah yang ditemukan pada anak kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Gresik adalah anak berkesulitan membaca dengan membedakan huruf-huruf tertentu seperti huruf (m,n,b,d,p), untuk itu penerapan media kartu huruf warna-warni dianggap dapat mempengaruhi kemampuan membaca awal anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebelum dan sesudah penerapan media kartu huruf warna-warni terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresik.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek dari penilitian ini adalah yang berjumlah 18 anak kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresik, yang terdiri atas 11 perempuan dan 6 laki-laki. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pair Test.  Hasih dari penelitian ini menunjukkan ada perbedaan antara pre-test (sebelum treatment) sebesar 167 dan post-test(setelah treatment) sebesar 197 sehingga t hitung < t tabel (0 < 0,40). Dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh media kartu huruf warna warni terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresik.

Kata kunci: Membaca, Kartu huruf warna warni.

Abstract

The right time and the best to learn to read and understand numbers is aged 4-5 years. At this time, the child caneasily receive a lesson than after that period. Meanwhile, children aged 4-5 years will learn with ease, happy, andexcited. Early reading skills refers to the skills that must be mastered readers who are in the early stages of readingskill in question is an alphabetic code. Problems found of children group B at Islamic kindergarten Hubbul WathonGresik is child reading by distinguishing certain letters such as the letter (m, n, b, d, p), for the application of mediacards colorful letters are considered to affect the ability of children's early reading. This study aims to describe the media before and after the application of the letter of colorful cards to early reading skills of children group B at Islamic kindergarten Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanon Gresik. This study uses a quantitative approach to the type of research Pre Experimental Design with Model One GroupPre-Test Post-Test Design. The subject of this research is that 18 of children group B at Islamic kindergarten HubbulWathon Kedunganyar Wringinanom Gresik, which consists of 11 women and 6 men. Observation techniques used in data collection and documentation. While the statistical analysis of the data using the non-parametric Wilcoxon testmarked degree Match Pairs Test. Has yet from this study showed no difference between the pre-test (before treatment) amounted to 167 and post-test(after treatment) amounted to 197 so that t <t table (0 <0.40). Thus the alternative hypothesis (Ha) is accepted and thenull hypothesis (Ho) is rejected. This study proves that there is influence of media cards colorful letters on earlyreading skills of children group B at Islamic kindergarten Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresik.

Keywords: Read, Colorful Letters Card

Published
2014-11-01
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 609