PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK CUT NYAK DIEN KOTA MOJOKERTO

  • Lucky Putri Hariyanti
  • Sri Setyowati

Abstract

Idealnya pada tahapan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dapat bersabar menunggu giliran, mengungkapkan ekspresi senang ketika mendapatkan sesuatu, dan bertanggung jawab akan tugasnya. Penanaman nilai sosial emosional pada anak dapat dilakukan melalui metode bercerita. Berdasarkan observasi awal di TK Cut Nyak Dien Kota Mojokerto khususnya kelompok B, menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anakdalam kegiatan menunggu giliran berbaris, senang ketika mendapatkan kue, dan bertanggung jawab mngembalikan alat tulis masih perlu dikembangkan sesuai dengan tahap perkembangannya. Untuk itu dalam proses belajar mengajar perlu diterapkan metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Cut Nyak Dien Kota Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one-grup pretest-posttest design. Sampel penelitian ini anak kelompok B dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung < Ttabel maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan sosial emosional anak.

Berdasarkan hasil penelitisn menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak kelompok B pada saat sebelum diberikan perlakuan (pre-test) diperoleh hasil sebesar 137 dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) diperoleh hasil sebesar 197. Data tersebut dianalisis melalui uji wilcoxon dan diperoleh bahwa Thitung = 0 < Ttabel = 40 sehingga pengambilan keputusannya yaitu : ha diterima karena Thitung < Ttabel(0<40) dan H0. Ditolak kaena Thitung > Ttabel (0>40). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Cut Nyak Dien Kota Mojokerto.

Kata kunci : metode bercerita, kemampuan sosial emosional

 

Abstract

Ideally the social emotional stage children aged 5-6 years can be patient waiting for their turn, reveal the happy expresssion when getting something and are responsible for duties. Planting emotional social values in children can be done through story telling. Based on preliminary observation in kindergarten Cut Nyak Dien town Mojokerto especially class B indicates that social skills. Emotional child in the waiting their turn, lined up, excited when get cake and stationary responsible returns still need to be developed according to the stage of its development. For that in the learning process needs to be implemented method of storytelling. The purpose of this study was to determine the effect of story telling on children’s social skill group B emotional in TK Cut Nyak Dien.

This study used a quantitative research approach to the type of experimental research. Experimental design used is pre-experimental research design with a one-group pretest-posttest design. The research sample of children in group B with 18 children. Data collection techniques used were observation and documentation. Analysis using test levels marked Wilcoxon formula t calculation Thitung < Ttabel. If t calculation Thitung < Ttabel significant, this study of the influence of storytelling on children's emotional social skills.

Based on the results of the study indicate that emotional social skills of children in group B at the time before the given treatment (pre-test) results obtained for 137 and after the treatment (post-test) obtained yield was 197. data were analyzed by Wilcoxon test and found that t = 0 <table = 40 so the decision making is: ha accepted because Tcalculation <Ttable(0 <40) and H0. Rejected kaena Tcount> Ttable(0> 40). Based on the results of this study concluded that the application of storytelling emotional effect on social skills in kindergarten children in group B Cut Nyak Dien Mojokerto.
Keywords: storytelling, emotional social skills

Published
2014-11-01
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 989