MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA MONOPOLI RAKSASA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ROUDLOTUL JANNAH AL HUDA KOTA MOJOKERTO

  • Yulias Sukanti
  • Nurhenti Simatupang

Abstract

Salah satu bidang pengembangan kognitif pada anak usia dini adalah mengenal pola sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan memperluas pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan. Berdasarkan observasi awal kemampuan anak dalam mengenal pola masih kurang diantaranya hanya 8 anak dari 21 anak yang mampu mengenal pola. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembalajaran di sekolah hanya dengan menggunakan sumber belajar yang terbatas pada lembar kegiatan anak. Hal ini mengakibatkan anak kurang tertarik dan sering tidak memperhatikan penjelasan guru. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola yaitu dengan media monopoli raksasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas anak dan guru serta efektivitas kemampuan kognitif dalam mengenal pola melalui media monopoli raksasaPenelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Roudlotul Jannah Al Huda Kota Mojokerto yang berjumlah 21 anak.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak sebesar 66%, hasil penelitian ini belum sesuai kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak untuk itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 86,9 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media monopoli raksasa dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Roudlotul Jannah Al Huda Kota Mojokerto.

Kata Kunci: monopoli raksasa, kemapuan kognitif

ABSTRACT

One of the speciality on developing the cognitif ability to children at young age is to recognizing the pattern so the children can develop their mindset and gain more knowlegde about things that are the same and things that are different. Based on the early observation result, thechildren ability to recognize pattern are still under the standart and it is shown by the fact that there are only 8 children out of 21 that capable to understand the pattern. It is caused because the way the teacher teach the children are still limited nad they only teach with the class activity sheets that makes the children have less attention to the teacher. One of way to increase the cognitif ability of the children is by using the giant monopoly as a media. The purpose of this research is to describing the teacher and children activity and also the effectness of the cognitif ability to recognize pattern through giant monopoly as the media.This research are using the class action as the media that consist of two cycles, and inside every cycle, there are four steps; planning, action, observation, and reflection. The subject of this research are children at TK Roudlotul Jannah Al Huda Mojokertothat consist of 21 children. The collecting data technique are using the observation and documentation, while the analyzing technique are using the statictical and description technique.Based on the result at the first cycle, the result of the increasing of the cognitif ability only up to 66%. This research is still not reached the standart yet, so the research is continue to the second cycle. The result of the second cycle, there are change of the increasing of the cognitif ability that up to 86,9%. Based on the result at the second cycle,we can increase the cognitif ability by using the giant monopoly as the media

Key word: giant monopoly, cognitif ability

Published
2014-11-01
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 77