MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK USIA 3–4 TAHUN DI PPT SIAGA SURABAYA

  • Endah Purbowati
  • Muhammad Reza

Abstract

Kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di PPT Siaga masih relatif  rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar lebih banyak menggunakan metode pemberian tugas dan kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran hanya menggunakan lembar kerja anak (LKA), sehingga kurang menarik perhatian anak. Kegiatan kolase merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase di PPT Siaga Surabaya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I kemampuan motorik halus anak sebesar 66%. Hasil persentase tersebut belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yaitu 80%, oleh karena itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II, kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan kolase dapat meningkatkan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PPT Siaga Surabaya.

 

Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kolase

 

Abstract

Soft motoric ability for children age 3-4 at PPT Siaga still low. This problem happen because the learning activity using more conventional method (speech) and only use kids worksheet that make children interest in learning decrease. Cutting paper art are one of method that can be use to increase children soft motoric ability. The purpose of this research is to know the increase of  children soft motoric ability through cutting paper art at PPT Siaga Surabaya.

This research using class action method that have been design into repeated cycle. Each cycle consist of 4 step; planning, take action, observation and reflection. Subject of this research are children age 3-4 years that consist of 15 children. The collecting data technique are using observation and documentation, meanwhile the analys data are using static descriptive.

Based on the result at the first cycle, children soft motoric ability have 66%. This result still not hit the criteria that have been set. It was 80%, so we continue to the second cycles. At the second cycle, the result up to 85%. Bases on the result, we can conlcude that through cutting paper art can increase children soft motoric ability, especially children age 3-4 at PPT Siaga Surabaya

Keyword: Children Soft Motoric Ability, Cutting paper art.
Published
2014-11-01
Abstract Views: 287
PDF Downloads: 815