MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BIG BOOK DI PPT TULIP SURABAYA

  • Yanti Kurniawati
  • Sri Setyowati

Abstract

Kemampuan berbicara anak adalah kemampuan anak untuk berkomunikasi secara lisan dengan orang lain, pada capaian perkembangan bahasa anak 2-3 tahun tingkat pencapaian perkembangannya antara lain berbicara lancar dengan kalimat sederhana. Hasil observasi anak di PPT Tulip Surabaya menunjukkan kondisi bahwa kemampuan berbicara anak sangat kurang, dalam hal ini kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menerapkan media big book dalam kegiatan pembelajaran, untuk penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode bercerita dengan media big book di PPT Tulip Kecamatan Pabean Cantian Surabaya. Jenis penelitian ini ádalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu ; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 2-3 tahun di PPT Tulip Kecamatan Pabean Cantian Surabaya pada tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis deskriptif . Hasil penelitian pada siklus I kemampuan berbicara anak sebesar 30% hasil penelitian ini belum sesuaidengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak untuk itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II kemampuan bicara anak mengalami peningkatan menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media big book dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 2-3 tahun di PPT Tulip Kecamatan Pabean Cantian Surabaya.

Kata kunci : Kemampuan berbicara, Media big book.

ABSTRACT

Background This study initiated by the results of preliminary data that indicate the condition of the child 's ability to speak in PPT Tulip is very less . It was seen when children are not able to speak fluently . Under these conditions, the researchers tried to apply the learning media in a big book . This study aims to improve the ability to speak through the media storytelling with big book in PPT Tulip Cantian Customs District of Surabaya. This research is Classroom Action Research ( CAR). The subject of this study is children aged 2-3 years in the District Customs Cantian PPT Tulip Surabaya in 2013-2014 school year , amounting to 20 children . Data collection techniques used in this study is observation . The data were analyzed by descriptive qualitative . The results showed that through storytelling book with big media can enhance the ability to speak . Conclusions of this study are ( 1 ) the use of process media in a big book speech , which showed an increase in only the first cycle by 65 % , the second cycle increased 85 % . Thus it can be said that through the use of media can book meningktkan big speech in children aged 3-4 years in PPT Tulip Cantian Customs District of Surabaya .

Keywords : speech , big media book

Published
2014-11-01
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 1641