MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI BERMAIN BOWLING DAN KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK KUSUMA BANGSA PLANDAAN JOMBANG

  • Nur Sopiah Nur Sopiah
  • Rohita Rohita

Abstract

kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil proses pembelajaran mengenal lambang bilangan anak yang mampu mengenal lambang bilangan hanya 5 anak atau 30% dari 18 anak. Realitas ini disebabkan oleh pembelajaran berpusat pada lembar kegiatananak (LKA). Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 adalah bermain bowling dan kartu bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bermain bowling dan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam siklus berulang yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang berjumlah 18 anak, ,yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan penelitian pada siklus I, kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak sebesar 61%. Hasil ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yaitu 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa bermain bowling dan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang.

Kata kunci : pengenalan lambang bilangan 1-10, bermain bowling dan kartu bergambar

 

ABSTRACT

Based on the observation, at group A TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang was known that children ability to know numeric symbol are still low. It can be seen from the result of learning process to know numeric symbol, children that capable to knowing numeric symbol are only 5 children or 30% from the 18 children. This is happen because the learning section are too focused to children paper sheets. One method used to increase the ability to know the symbol of 1-10 using bowling and playing card activity. The purpose of this research is to know if playing bowling and card can increase children ability to know numeric symbol of 1-10 at TK Kusuma Bangsa Plandaan JombangThis research are using research class action method with spiral shape in repetitive cycles consisting of 2 cycles. Each cycle consists of four stages have planning, action,observation and reflection. Subject of this research are children at TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang that consist of 18children, 8 boys and 10 girl. The collecting data technique are using observation and documentation sheets while analys data technique are using static descriptif.Based on the research at first cycle, the result of knowimg numeric symbol of 1-10 on the child reaches 61%. This show that the result are still not hit the criteria that is 75%, so it extended the second cycle . From the cycle 2, the result of knowing numeric symbol of 1-10 increase to 89%. Based on the analys data, can conclude that through playing bowling and card can increase the ability to knowing symbol 1-10 to the children at TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang.

Keyword: knowing numeric symbol 1-10, playing bowling and card

Published
2014-11-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 12