MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA BALOK UNIT PADA ANAK KELOMPOK B DI SPS AL-MUTTAQIN DUSUN NGEMBUL KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

  • Rika Indanah
  • Rohita Rohita

Abstract

Berdasarkan kurikulum Permendiknas No 58 tahun 2009 anak usia 5-6 tahun sudah mampu menceritanpengalaman atau kejadian secara sederhana dan bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka. Tapi kenyataannya kemampuan bercerita anak kelompok B SPS AL-Muttaqin Ngembul Kesamben Jombang masih rendah,mayoritas anak belum terbiasa untuk bercerita. Hal ini terlihat ketika anak diminta untuk bercerita masih belum lancardalam berbicara. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bercerita yaitu menggunakan mediabalok unit. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empattahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek dalam penelitian iniberjumlah 20 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakanlembar observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak sebesar 70%. Hal ini menunjukkanpenelitian tindakan kelas belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak sebesar 75%. Oleh sebabitu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II kemampuan bercerita anak meningkat menjadi82,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bercerita menggunakan media balok unit dapatmeningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B di SPS AL-Muttaqin Ngembul Kesamben Jombang.

Kata kunci: kemampuan bercerita, balok unit

ABSTRACT

Children ability to telling story at playgroup B SPS Al-Muttaqin Ngembul Kesamben Jombang still relative low,most of children are still not used to telling story. It is show when children were asked to telling a story and the childrenstill cannot tell the story fluently. The purpose of this research is to find out if log unit method can increase the ability totelling a story from children at playgroup B Al-Muttaqin Kesamben Jombang.This research are using class action method that have been design into spiral. The subject of the research are thechildren from playgroup b SPS Al-Muttaqin Kesamben Jombang that consist of 20 children; 6 boys, and 14 girl. Thecollecting data technique are using observation while the analys data technique are using static descriptive.Conclusion derived from first cycle is fine motor skills of research subject have 70% improvement. Thisconclusion show the classroom action research isn’t success yet. Therefore this research continoes second cycle.Conclusions derifed from second cycle is fine motor skills of research subject have 82,5% improvement. The conclutionof this research is through log unit method, we can increase the children ability to telling a stroy at SPS Al-MuttaqinNgembul Kesamben Jombang.

Key Word: Story telling ability, Log Unit

Published
2014-11-01
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 15