PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA DESA SUMBERSONO KABUPATEN MOJOKERTO

  • Dian Nur Fitriya
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Pengenalan bilangan pada anak TK diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dasar matematika, seperti pengenalan konsep bilangan dan lambang bilangan (Depdiknas, 2000:1). Observasi awal pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumbersono ditemukan bahwa kemampuan dalam mengenal bilangan pada anak masih rendah. Anak masih mengalami kesulitan dalam mengenal dan membedakan bilangan, Hal itu dikarenakan anak kurang tertarik dan konsentrasi pada waktu belajar. Dengan bermain dan bergembira anak bisa belajar mengenal bilangan. Oleh karena itu salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan melalui permainan kereta angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan kereta angka pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumbersono.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumbersono yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis menggunakan  statistik deskriptif.

Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-5 melalui permainan kereta angka sebesar 66%. Hasil penelitian ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak yang ditentukan 80%, untuk itu penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian siklus II diperoleh kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-5 meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan kereta angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam  mengenal bilangan 1-5 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumbersono.

Kata kunci            :  kemampuan mengenal bilangan, kereta angka

ABSTRACT


Introducing numbers in kindergrten children is needed to improve their mathematic basic knowledge, like introduction of number’s concept and numbers symbol (Depdiknas, 2000 :1). The early observation in children group A TK Dharma Wanita Sumbersono results are the ability of recognizing number in children still low. Children still have difficulty in recognize number and differ number. It is because of children are often not interest and consentrate while learning. By playing and happy children will learn to recognizing numbers. So that, one of the method which used to improve the children’s ability in recognizing number by playing numbers train. The purpose of this research is to improve recognizing number ability through numbers train in children group A TK Dharma Wanita Sumbersono.

This research are using the class action method (Classroom Action Reserart) which have 2 cycle. Each cycle are based on the four steps; planning, action, observation and reflection. The subject of this research are chidlren from TK Dharma Wanita Sumbersono that consist of 20 children. The collecting data method are using the observation and documentation method, while the analyzing the data using descriptive statistic.

Based on the result at the first cycle, the children ability to recognizing the numeric concept through number train are increase to 66%. This result still not reach the criteria that should reached 80%, because of that the research is continue to the second cycle. Based on the result at the second cycle, the children ability to recognizing the numeric concept through number train as media is increasing to 80%. Based on this result, we can conclude that through thee number train media, it can increase the children ability to recognizing the numeric concept at children in group A TK Dharma Wanita Sumbersono

Keyword : recognizing number’s concept, numbers train

 

Published
2014-11-01
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 37