PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A TK MY CHILDREN KEC.CANDI KAB. SIDOARJO

  • Ita Kurniawati
  • Nurul Khotimah

Abstract

anak mengalami hambatan dalam melakukankegiatan yang berhubungan dengan konsep warna. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh media audio visual pencampuran warna terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK My Children Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.Penelitian ini merupakan penelitian pre ekperimental design menggunakan one-group pretest-postest design melalui observasi sebelum dan sesudah perlakuan. Sampel pada penelitian ini adalah semua anak kelompok A TK My Children Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis mengguakan uji wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pre test dan post test.Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa t hitung (0) < t tabel (25), sehingga dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa audio visual pencampuran warna berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A TK My Children Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

Kata kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Kognitif

Abstract

The research of the effect of audio visual media color mxing for A group children`s cognitive skill at My Children kindergarten Candi Sidoarjo is based on the fact that young learner`s cognitive skill in color mixing is still very low. They get trouble in mixing the color. They also get trouble in finding the color which they cannot find in doing certain activities related the color concept. This reseacrh aims to find if there is an effect of audio visual media color mixing for A group children`s cognitive skill at My Children kindergarten Candi Sidoarjo.This research uses pre experimental design by using one group pretest posttest design. The observation is conducted before and after the action given. The data collecting methods used are observation and documentation. The sample of this research is all of A group children at My Children kindergarten Candi Sidoarjo district that 15 childs. The data analysis technique used is Wlicoxon Matched Pairs Test.The data analysis shows that there is difference between pre test and post test Wilcoxon test shows that count <t table. That is 0 < 25. Therefore, it can be stated that Ha is acccepted. It shows that rhere is an effect of audio visual media color mixing for A group children`s cognitive skill at My Children kindergarten Candi Sidoarjo.

Keywords : audio visual media, cognitive skillPengaruh Media Audio Visual Pencampuran Warna Terhadap Kemampuan Kognitif Pada

Published
2014-11-01
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 179