MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI PADA KELOMPOK B DI TK MARDI BUDI JABON JOMBANG

  • NUNUNG PUJI ASTUTIK
  • Rohita Rohita

Abstract

Kemampuan mendengarkan merupakan kemampuan anak dalam menghayati dan mendengar pendapat orang lain dengan indra pendengaran. Dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009 disebutkan bahwa kemampuan mendengarkan untuk anak usia 5-6 tahun adalah 3-5 kata atau perintah, hal ini sesuai dengan indikator melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar dan mengulang kalimat sederhana. Di TK Mardi Budi Jabon Jombang kemampuan mendengarkan anak masih rendah, hal ini terbukti pada saat melakukan 3-5 perintah dan mengulang kalimat yang didengar, anak hanya mampu melakukan 2 perintah saja. Untuk mengoptimalkan kemampuan mendengarkan maka dilaksanakan kegiatan Permainan Bisik Berantai. Permainan Bisik Berantai adalah suatu permainan yang dilakukan secara berkelompok, dengan cara membisikkan pesan secara berantai. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan pada anak kelompok B TK Mardi Budi Jabon Jombang tahun pelajaran 2013-2014.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjekdalam penelitian ini berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.Hasil analisis menunjukkan pada siklus I diperoleh hasil observasi kemampuan mendengarkan anak sebesar 43,75%, hasil ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian pada anak sebesar 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan meningkat menjadi 81,25%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan pada anak kelompok B TK Mardi Budi Jabon Jombang.

Kata kunci: Kemampuan Mendengarkan, Permainan Bisik Berantai

ABSTRACT

The ability to listen to a child's ability to appreciate and hear the opinions of others with the sense of hearing. In Permendiknas No. 58 of 2009 stated that the ability to listen to children aged 5-6 years are 3-5 words or commands, this is in accordance with the indicators of doing 3-5 consecutive commands correctly and repeat a simple sentence. In Mardi Budi Jabon Jombang ability to listen to the child is still low, it is evident at the time of order 3-5 and repeats the sentence is kindergarten heard, the child is only able to do 2 commands only. To optimize the ability to listen to the implemented activities Chain Whispered Games. Whispered Chain Games is a game that is done in groups, by whispering a message in sequence. The purpose of this study was to determine whether a Chain Whispered Games can improve a child's ability to listen in group B Mardi Budi Jabon Jombang kindergarten school year 2013-2014. This study uses action research consisting of 2 cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning phase, implementation phase, phase of observation and reflection stages. Subjects in this study amounted to 16 children consisted of 10 boys and 6 girls. Data collection techniques using observation sheets and documentation, while data analysis is descriptive statistics. The analysis shows the results obtained in the first cycle of observation of the child's ability to listen to 43.75%, this result is not in accordance with the criteria of the level of achievement in children by 75%, so this research continues on the second cycle. Results for the second cycle showed that theability of listening increased to 81.25%. Based on these studies it can be concluded that through a chain Whispered games can improve children's ability to listen in group B kindergarten Mardi Budi Jabon Jombang.

Keywords: Listening Ability, Whispered Games Chain

Published
2014-11-01
Abstract Views: 161
PDF Downloads: 796