MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA BANTAL FLANEL DI KELOMPOK USIA 3-4 TAHUN PPT MELATI JL MENANGGAL 1 / 21 SURABAYA

  • LILIS KUSNAWATI
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan merupakan bekal bagi anak sebagai dasar untuk dapat menguasai berbagai bidang studi dan membuka pengetahuan secara luas dan menunjang pendidikan dijenjang berikutnya.  Untuk mengembangkan kemampuan ini pendidik atau orang tua harus mengajarkannya sejak usia dini.  Namun kenyataan yang terjadi dari 20 anak baru 25% anak  yang mampu dengan mandiri dalam mengenal konsep bilangan.  Hal tersebut disebabkan karena guru kurang memanfaatkan media yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.  Untuk mengatasi masalah tersebut  maka akan dilakukan perbaikan dengan menggunakan media bantal flanel. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media bantal flanel pada anak di PPT Melati menanggal Surabaya.

Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Jl.Menanggal I / 21 Surabaya, yang berjumlah 20 anak terdiri atas 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskritif

Hasil analisis data  pada siklus I menyatakan bahwa kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan sebesar 61,54%. Hasil penelitian ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak  sebesar ≥75%. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian ini berlanjut pada siklus ke II. Pada siklus  II diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuana anak dalam mengenal konsep bilangan anak meningkat menjadi 80.5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media bantal flanel  dapat meningkatkan kemampuan anak dalam  mengenal konsep bilangan pada anak kelompok usia 3-4 tahun PPT Melati Jl Menanggal 1/21 Surabaya.

Kata kunci : Pengenalan konsep bilangan melalui media bantal flanel

 

ABSTRACT

Cognitive ability in recognizing a provision for the concept of numbers as the basis to be able to master a variety of fields of study and knowledge are widely open and support the next dijenjang education. To develop this capability educators or parents should be taught from an early age. But the fact that the case of 20 children only 25% of children were able to recognize the concept of self-sufficient in numbers. This is because the teacher is not using media appropriate to the developmental level of the child. To overcome these problems it will be improved by using a flannel pillow media. Objectives to be achieved in this research is to improve the ability to know the concept of numbers through flannel pillow media in children in Surabaya Menanggal Cheap PPT.

Research conducted a Classroom Action Research (CAR), which consists of 2 cycles and each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were children aged 3-4 years in PPT Bed Jl.Menanggal I / 21 Surabaya, which amounts to 20 children consisted of 11 boys and 9 girls. Data collection techniques used were observation and documentation. The collected data was analyzed by descriptive statistics

The results of the analysis of the data in the first cycle states that children's ability to recognize the concept of number by 61.54%. The results of this study does not meet the criteria for the level of development of the child attainment ≥75%. Based on these results, this study continues on to the second cycle. In the second cycle obtained results show that the concept of kemampuana children in child numbers increase to 80.5%. Based on these results it can be concluded that the media flannel pillow can improve children's ability to recognize the concept of numbers in children of 3-4 years age group PPT Menanggal 1/21 Surabaya Jl Melati.

 

Keywords: introduction of the concept of numbers through the media flannel pillow

Published
2014-11-01
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 114