PEMANFAATAN MEDIA PLAY DOUGH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KURNIA SIMO TAMBAAN SURABAYA

  • KASMINI

Abstract

Pengembangan kreativitas yang baik dan terarah harus ditanamkan pada anak sedini mungkin,karena kemampuan kreativitas merupakan dasar dalam pengembangan jiwa dan kepribadiannya.Kreatifitas merupakan daya kemampuan manusia untuk menciptakan sesuatu. Kemungkinan inidapat terkait dengan bidang seni maupun ilmu pengetahuan. Salah satu bentuk media yang bisamembantu mengembangkan kreativitas anak adalah play dough, yaitu sebuah media permainanyang terbuat dari adonan tepung terigu yang dapat dibentuk bermacam – macam bentuk benda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media play dough dalammeningkatkan kreativitas pada anak kelompok B di TK Kurnia Simo Tambaan Surabaya.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklusterdapat 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatandan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kreativitas anak sebesar dalam kegiatanpembelajaran. Pada pelaksanaan siklus II kreativitas anak meningkat sebesar 85%. Hal inimenunjukkan peningkatan kreativitas anak sangat baik. Anak sudah dapat menciptakan bermain –macam bentuk sendiri sesuai imajinasinya tanpa dibimbing lagi oleh guru.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media play dough dalamkegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak.

kata kunci : play dough, kreativitas

Abstract

Developing a good and purposeful creativity must be inculcated in children as early as possible,because the ability of creativity is fundamental in the development of soul and personality.Creativity is the power of children’s ability to create something. This ability can be related to thefield of art and science. One form of media that can help to develop a children’s creativity is playdough, a media game that is made of wheat flour that can be molded an assortment of shapes. Thepurpose of this study was to determine the use play dough to improve creativity in children ofgroup B TK Kurnia Simo Tambaan Surabaya.This research is a classroom action research. This study consisted of two cycles, eachcycle there are 2 meeting. Each cycle consists of four stages: planning, implementation,observation and reflection.The results showed that in the first cycle of creativity of children by 75%. It is because childrenare not accustomed to using play dough in learning activities. On the implementation of thesecond cycle of creativity of children increased by 85%. It showed this suggests an increase increativity of children. Children are able to create a variety of shapes itself according to hisimagination with no longer guided by the theacher.From these results, it can be concluded that the use of the play dough in learning activities canimprove the creativity of children.

Keywords: media play dough and creativity

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 293