Penggunaan Media Timbangan Dalam Meningkatkan Pengenalan Konsep Ukuran Berat Benda Pada Anak Kelompok B Tk Pembina Putra Surabaya

  • NURUL INSYIAH HAMID

Abstract

Permasalahan pada hasil pembelajaran pada anak usia dini kelompok B di TK PembinaPutra, adalah anak belum mampu menghubungkan dan mengaplikasikan materi pembelajaran,khususnya pada pengenalan ukuran berat benda dalam kehidupan nyata. Mengarah pada solusipemecahan masalah, maka dilaksanakan penelitian ilmiah yang berbentuk PTK pada anakkelompok B TK Pembina Putra, melalui perlakuan 2 siklus yang didukung dengan penggunaanmedia tiimbangan, dengan tahapan yang berbentuk spiral dari siklus I ke siklus II. Meliputitahapan planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).

Kata kunci : Media timbangan, pengenalan berat benda

Abstract

One of the problems in the learning outcomes in early childhood group B inkindergarten Pembina Putra, is children are not able to connect and apply the learningmaterials, especially on the introduction of measures of body weight in real life. Aimingat solving the problem solution, the scientific research carried out in the form of PTK inchildren group B TK Pembina Putra, through two cycles of treatment are supported bythe use of media timbangan, the spiral-shaped stage from cycle I to cycle II. Coversplanning stages (planning), action (action), observation (observation), and reflection(reflection).

Keyword : Scale media, recognize weight

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 1585