UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 44 TANDES LOR – KOTA SURABAYA

  • AGUSTIN INDARWATI

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada masih rendahnya kemampuan berbahasa lisan anak terutama dalam hal mengungkapkan gagasan/ide untuk menyampaikan maksud. Anak mengalami kesulitan dalam pengembangan kemampuan berbahasa lisan, terutama ketika guru melakukan tanya jawab dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendiskripsikan langkah-langkah penerapan media cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B di TK Aisyiyah 44 Tandes Lor Surabaya. (2) Mendiskripsikan apakah penerapan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B di TK Aisyiyah 44 Tandes Lor SurabayaTindakan penelitian berupa penerapan metode bercakap-cakap, Tanya jawab, unjuk kerja, dan bercerita menggunakan media cerita bergambar .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak. Peningkatan kemampuan anak ditandai dengan meningkatnya ketuntasan klasikal anak dari siklus I dan siklus II dimana pada siklus I kemampuan dan hasil belajar anak mencapai 69% menjadi 94% pada siklus II. Pada siklus I ada 5 anak yang belum mencapai ketuntasan klasikal pada siklus II hanya ada 1 anak saja yang belum mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini penerapan media cerita bergambar dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lisan anak. Dengan menggunakan media yang menarik bagi anak dan ukuran yang dapat dilihat oleh semua anak. Serta dengan memperhatikan karakteristik dari masing-masing anak.

Kata Kunci : kemampuan berbahasa lisan, media cerita bergambar

Abstract

The background of the study of this research is the children who are still lack of oral language skill in delivering the idea. The children get difficulties in developing their oral language skill, especially when the teacher has a question and answer section.. The purposes of this research were; (1) To describe the steps of applying pictorial story media to improve children’s oral language skill at B group of Aisyiyah Kindergarten 44 Tandes Lor Surabaya, (2) To describe whether the use of pictorial story media can improve children’s oral language skill at B group of Aisyiyah Kindergarten 44 Tandes Lor Surabaya.The action in the research were in the form of conversation, questions and answers, demonstration and storytelling by using pictorial story media.The results of the research show that children’s oral language skill can be improved by using pictorial story media. It can be known from the improvement of children’s classical achievement from the first cycle to the second cycle. There are five children in the first cycle who could not achieve the classical achievement, and there is one child in the second cycle who could not achieve the classical achievement. Based on the result, it can be concluded that the use of pictorial story media can be used as one to develop children’s oral language skill. It will be very good if it uses interesting media for the children, the size of the media which can be seen by the children, and pays attention to the children’s characteristics.

Keyword : Oral language skill, pictorial story media.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 216