MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KETRAMPILAN ORIGAMI DI TK MUSLIMAT KECAMATAN KREMBANGAN KOTA SURABAYA

  • SUPRIATIN
  • Mas'udah Mas'udah

Abstract

Pendidikan di TK adalah merupakan pemberian dasar pengetahuan dan pengalaman serta kreatifitas sesuai dengan perkembangan yang mencakup aspek kemampuan bahasa, kognitif, fisik motorik. Di TK Muslimat ada anak yang masih malu tidak memiliki keberanian untuk mencoba ketrampilan origami, anak tidak senang karena guru kurang menarik dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ketrampilan origami. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak melalui ketrampilan origami setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebanyak 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran yang dituju penelitia adalah anak di TK Muslimat kelompok B. Berdasarkan analisis data yang diperoleh berupa hasil evaluasi terhadap perkembangan anak yang dilakukan melalui pengamatan oleh peneliti dengan menggunakan instrument penilaian. Pembelajaran menggunakan ketrampilan origami dikatagorikan aktif, sehingga setiap siklus I ( 20 % ), siklus II ( 76 % ). Hasil analisis data siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan ketrampilan origami untuk meningkatkan motorik halus anak telah tercapai.

Kata Kunci : motorik halus, ketrampilan origami

Abstract

Educational process at the kindergarten is the process of giving basic knowledge, experiment, and creativity to the children based on the development which consists of language skill, cognitive skill, physical skill, and motoric skill. At the Muslimat kindergarten, the children are shy to make origami, the children are not happy because the teachers are not interesting in the learning process of making origami. This research aims to improve children’s fine motoric skill through origami.This research is a classroom action research in two cycles. Each cycle consists of four steps, planning, treatment, observation, and reflection. The objects of this research are B group children at TK. Muslimat. The data which are collected by using the scores instrument are in the form of evaluation result toward the children’s development. Based on the data analysis, learning process by using origami is categorized well. The result in the first cycle is 20% and it becomes 76% in the second cycle. The result of the data analysis in the second cycle shows that the origami is improving the children’s fine motoric skill.

Keywords : fine motoric skill, origami

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 38