Pengenalan Konsep Gejala Alam Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Media Flipchart Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Surabaya

  • MINUK PAHLAWANIATI

Abstract

Salah satu permasalahan yang mendasar dalam proses pengenalan konsep gejala alam di TKKusuma khususnya, terkait dengan keterbatasan media serta penerapan pendekatan pembelajaran yangkurang memberdayakan anak. Hal ini teridentifikasi dengan 30% dari 20 jumlah anak yang hadir atauhanya sekitar 6 anak yang telah memiliki pemahaman mengenai konsep gejala alam, khususnya padaindikator, kemampuan mengenal terjadinya banjir.Berdasarkan hal di atas, penulis berupaya menemukan solusi pemecahan masalah melaluiPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, melalui pendekatankontekstual yang didukung dengan penggunaan media flipchart. Mengarah pada solusi pemecahanpermasalahan peneliti mencoba merumuskan permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah:Bagaimanakah langkah-langkah proses pembelajaran pengenalan konsep gejala alam pada anakkelompok B TK Kusuma melalui penerapan pendekatan kontektual dengan media flipchart, dengantujuan Mengetahui proses penerapan pendekatan kontektual denganmenggunakan media flipchart,sebagai upaya pengenalan konsep gejala alam pada anak kelompok B TK Kusuma Surabaya.Kata kunci : pengenalan gejala alam.

Abstract

One of basic problem in the process of recognizing the concept of natural phenomena in TKKusuma Surabaya is the restrictiveness of media and the application of study approach which is nothelping child enough. It is identified from 30% of 20 children or only 6 children who have hadunderstanding about the concept of natural phenomena, specially in ability of recognizing flood.Based on those, the writer tries to find the solution to solve the problem through classroomaction research that is done in 2 (two) cycles, through contextual approach that is supported by using flipChart media. To find the solution, the researcher formulates the discussed problem in this research, thatis how the steps of learning process of recognizing the concept of natural phenomena in group B TKKusuma through the application of contextual approach by using flip chart media are, with the purposeto know the application of contextual approach by using flip chart media, as the effort of recognizing theconcept of natural phenomena in group B TK Kusuma Surabaya.

Keyword : Natural phenomena

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 509