KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI TK NURUL ULUM BAMBE DRIYOREJO GRESIK

  • Dini Wandira
  • Erny Roesminingsih

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dan tradisi meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Perkembangan sosial emosional anak merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan emosional anak.Untuk mencapai kematangan sosial anak harus belajar tentang caramenyesuaikan diri dengan orang lain. Kemampuan ini diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman dengan orang-orang di lingkungannya baik orang tua, saudara, teman sebaya, atau orang dewasa lainnya, sehingga setiap anak mencapai tingkat pencapaian perkembangan secara optimal. Namun kenyataan saat ini murid di TK Nurul Ulum Bambe Gresik ini hidup dalam  lingkungan keluarga dimana orang tua sibuk bekerja. Sehingga orang tua kurang bisa memperhatikan perkembangan sosial emosional anak. Sosialisasi dari orangn tua adalah faktor yang mendukung perkembangan sosial emosional anak.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan sosial emosional anak kelompok A di TK Nurul Ulum Bambe Gresik, mendeskripsikan faktor-faktor sosial emosional anak, dan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan guru di TK Nurul Ulum dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjekini adalah guru dan orang tua TK Nurul Ulum Bambe.  Karena mereka yang mengetahui informasi berkaitan dengan kemampuan sosial emosional usia dini di TK Nurul Ulum Bambe. Teknik data menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen yaitu bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interatif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas.Aktivitas dalam penyajian data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan sosial emosional anak di TK Nurul Ulum sudah cukup baik.Faktor yang mempengaruhi kemampuan sosial emosional anak di TK Nurul Ulum Bambe adalahfaktor di dalam diri sendiri, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwah kemampuan sosial emosional anak di TK Nurul Ulum Bambe dipengaruhi oleh peran orang lain di lingkungan sekitar anak.

 

Kata kunci : Kemampuan sosial emosional anak.


 


ABSTRACT

Children social emotional developmentis the learning process to adapt  group norms, moral tradition, blend to unity, communicate and work together.To reach social maturity of  the child must learn the ways of adjustment to others. This ability is obtained children through various opportunities or experiences to get along with people the environment both parents, siblings, peers, or other adults. But the current reality of students in kindergarten Nurul Ulum Bambe Gresik live in a family environment where parents are busy working. So parents are less to pay attention to the social emotional development of children. The purpose of this study is to describe the emotional social skills in pre school children in group A Nurul Ulum Bambe Gresik, describe the social factors of  emotional child, describing efforts to do teacher in kindergarten Nurul Ulum in improving the social skills of emotional child.

This research is a qualitative data collection technique is the method of observation, interviews, and documentation. Subjects used in this study were kindergarten teachers and parents Nurul Ulum Bambe. Because they are ware of information relating to social skills in kindergarten early child hood emotional Nurul Ulum Bambe. Analysis using data analysis techniques proposed by Miles and Hubermen namely that activity in the qualitative data analysis and going iteratived one continuously until completion. So that the data is saturated.

The research find that children’s socio emotional kindergarten bambe is good enough. The factors affects children’s socio emotional at Nurul Ulum Bambe are self factor which has intellingence on it, family factor which have parebting style, and environment factors which has in harmonic relation between children and their friend.

Keywords: children’s socio emotional skill.

Published
2014-11-01
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 1643