PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK A TK KURNIA SURABAYA

  • QOMARIYAH

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh TK Kurnia, yakni rendahnya beberapa kemampuan berbahasa anak kelompok A, sebagai berikut : 1) kemampuan menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama , 2) menyebutkan kembali kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama, 3) menghubungkan gambar benda dengan kata, 4) menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkanya, hal ini menjadi pendorong utama bagi penulis untuk melakukan penelitian ilmiah, yang menggunakan penelitian tindakan kelas. Terkait dengan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah yang dibahas pada peenelitian ini, yaitu apakah melalui penggunaan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK Kurnia Surabaya, dengan tujuan Ingin mengetahui keunggulan penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK Kurnia. Penelitian ini menggunakan rancangan prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok A melalui pemanfaatan media kartu huruf, hal ini terlihat pada peningkatan Tingkat Capaian perkembangan (TCP) pada setiap indikator kemampuan bidang pengembangan kemampuan berbahasa pada setiap siklusnya meningkat dengan signifikan. Hal ini terbukti dengan rata-rata persentase yang meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II.

Kata kunci: kemampuan berbahasa, kartu huruf

Abstract

One of the problems faced by TK Kurnia, the lack of language skills of some studentsof group A, including: 1) the ability to say the words that have the same initial letter, 2) mentions the words are new to hear, 3) Match the picture with the word, 4) Match and mention a simple symbolize word. These become the key driver for the writer to carry out scientific research by using Classroom Action Research. Related to these problems, the formulation of the problem discussed in this research, is whether the use of cards letter can improve language skills in children group A TK Kurnia Surabaya With the aim Want to know the benefit of using the cards letter in improving language skill in children group A TK Kurnia. The study used classroom action research which consists of 2 (two) cycles, by the results showed an increase in child's language skills through the use of card leter media. It is showed increased level of Achievement of Development (TCP) on every indicator of the ability of the development of language skills in each cycle was increased significantly. This is evidenced by the average percentage increase from 75% in the 1st cycle to 85% in the 2nd cycle.

Key words: language ability, card letter

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 13