PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA DI DS.WOTANSARI, KEC.BALONGPANGGANG, KAB. GRESIK

  • LIA NOVIANA

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya kemampuan menyimak pada anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Ds.Wotansari, Kec.Balongpanggang, Kab.Gresik. Pada kenyataannya 30% anak masih kurang dalam kemampuan menyimaknya. Pada penelitian ini peneliti mencoba menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak. Pengertian menyimak adalah kegiatan mendengarkan secara aktif dan kreatif untuk memperoleh informasi, menangkap isi cerita atau pesan serta memahami makna komunikasi yang disampaikan secara lisan. Sedangkan pengertian bercerita adalah cara bertutur kata dalam menyampaikan cerita atau memberikan penjelasan kepada anak secara lisan.Metode bercerita bertujuan untuk menganalisis kemampuan menyimak anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak sebelum mendapatkan penerapan metode bercerita dan sesudah penerapan metode bercerita di Kelompok Bermain Tunas Bangsa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok bermain sebagai perbandingan yaitu Kelompok Bermain Tunas Bangsa sebagai kelompok eksperimen sedangkan Kelompok Bermain Dharma Wanita Persatuan Banjaragung sebagai kelompok kontrol. Dimana kedua sekolah ini muridnya masing-masing berjumlah 17 anak. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa metode bercerita, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Analisis data dengan membandingkan nilai rata-rata setelah melakukkan kegiatan pada kelompok yang diberikan perlakuan (eksperimen) sebesar 17 dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan (kontrol) sebesar 17. Dimana hasil pre-test kelompok kontrol sebesar 2,55 sedangkan hasil rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 2,67. Pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pre-test sebesar 2,57 kemudian setelah diberikan perlakuan post-test sebesar 3,46. Terdapat perbedaan yang signifikan setelah diuji dengan rumus statistik t-tes dengan hasil t-hitung sebesar 8,392 dan t-tabel 2,032 sehingga t-hitung lebih besar dari pada t-tabel.Simpulan penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita diberkan pada anak.

Kata Kunci : kemampuan menyimak, metode bercerita.

Abstract

The background of the research was that the attentive listening skill of playgroundstudent at Tunas Bangsa kindergarten, Wotansari, Balong Panggang, Gresik is very low. The fact showed that there are 30% students who have low attentive listening skill. The researcher tried to use telling story method in this research to improve children’s attentive listening skill. Attentive listening skill means an active and creative listening activity to get the information, the content or the massage of the story, and comprehend the spoken communication.The telling story method purposed to analze children’s attentive listening skill at Tunas Bangsa Playgroup. This research was aimed to know the differen of attentive listening skill between before and after the use of telling story method at Tunas Bangsa kindergarten. This research used two playgroups. There were Tunas Bangsa playgroup as an experimental group and Dharma Wanita Persatuan Banjaragung playgroup as a control group. Both of the schools have 17 students. The experimental group was give the telling storymethod, but the control group was not. The data was conducted by comparing the average scores after having activities in each group. The pres test result of the control group ia 2.55 and for post test is 2.67. The pre test resulte for the experimental group is 2.57 and their result of post test after getting g treatment is 3.46. After examining by using t-test, there is a significant difference. The result of t-count is 8.329 and t-table is 2.032 so t-count is bigger than t-table.The conclusing of this research is that there is a significant effect between children’s attentive listening skill before and after they are given telling story method.

Keywords : attentive listening skill, telling story method.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 293
PDF Downloads: 748