MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DEMONSTRASI KELOMPOK B PPT HARAPAN BANGSA SURABAYA

  • Hariny Nurul Chotimah
  • Muhammad Reza

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk mengoptimalkan perkembangannya. Untuk itu diperlukan stimulasi dan pembinaan yang tepat agar potensi yang ada pada diri anak dapat berkembang dengan maksimal. Dari observasi awal yang telah dilaksanakan peneliti bersama teman sejawat, bahwa kenyataan di lapangan diperoleh data dari 20 anak tersebut 12 anak menunjukkan keterlambatan dalam kemampuan motorik halusnya yang ditandai anak belum mampu menggerakkan tangannya untuk melipat dengan baik, salah satu metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui metode demonstrasi dengan kegiatan melipat.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah  anak kelompok B di PPT Harapan Bangsa Surabaya berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan melipat  pada  siklus I diperoleh data 75%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena belum sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang ditentukan 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kemampuan motorik halus anak  dengan menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan melipat mencapai 90%. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka kriteria yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan melipat dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B PPT Harapan Bangsa Surabaya dilakukan dengan indikator memegang  kertas dengan benar dan melipat kertas sesuai contoh guru.

Kata kunci : Kemampuan Motorik Halus, Metode Demonstrasi, Melipat Kertas

ABSTRACT

Early childhood education is an attempt of coaching directed to child from birth to 6th age performed through education stimulus to optimize his development. For this reason, proper coaching and stimulation  are required in order child’s self potency can maximally develop. Based on prior observation done by researcher and her colleague, real data on site shows that 12 of 20 children indicates retardation in fine motor skills which are designated by children’s lack of their hand movement to fold well. One of method used is demonstration. This research is aimed to know the improvement of fine motor skill through the demonstration method with folding activity.

This study utilizes class action research designed in form of repeated cycles. Each cycle comprises 4 phases such as planning, action performance, observation, and reflection. This research subject is 20 children of Group B in PPT Harapan Bangsa Surabaya consisting of 10 males and 10 females. Observation and documentation are applied in data collection technique, while statistic descriptive is used in its data analysis.

Based on data analysis result, the improvement of children’s fine motor skills by using the demonstration method through the folding activity is 75% in the first cycle. This represents unsuccessful class action research as it does not meet 80% achievement grade of children development. Hence, this is continued in the second cycle. The improvement of children’s fine motor skills in the second cycle has reached 90%. Based on data analysis in the second cycle, the expected criteria has been achieved and claimed successful. According to the research, it can be drawn conclusion that through the folding activity by using the demonstration method can improve children’s fine motor skills in Group B of PPT Harapan Bangsa Surabaya. It is indicated by holding paper right and by folding it according to teacher’s pattern.

 

Keywords : fine motor skill, demonstration method, paper folding

Published
2014-11-01
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 1322