PENERAPAN MEDIA POHON CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG 1-10 KELOMPOK A DI TK DUNIA SUZAN RUNGKUT SURABAYA

  • ANISYAH SUSIANIE

Abstract

Berhitung merupakan salah satu cabang matematika yang merupakan suatu keterampilan dasar yang perludikuasai oleh anak-anak sejak usia dini. Pada kenyataannya, kemampuan berhitung pada anak usia dinimasih sangat rendah, hal ini karena anak merasa kesulitan dalam membilang atau menyebut urutanbilangan, membilang dengan menunjuk benda dan menunjuk urutan benda. Disisi lain, guru kurangmemanfaatkan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang hasil belajar anak dalam berhitung.Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan pembelajaran berhitung dengan menggunakan mediapohon cerdas, karena dengan memanfaatkan media pohon cerdas belajar berhitung akan lebih mudah,menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaanpembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-10 dengan menggunakanmedia pohon cerdas selain itu kendala yang dihadapi serta cara mengatasinya. Penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Dimana setiapsiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi atau pengamatan danrefleksi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dunia Suzan Rungkut Surabaya pada kelompok A denganjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 75% dan pada siklusII meningkat menjadi 87,5%. Sedangkan pada aktivitas anak siklus I nilai rata-rata sebesar 59,4% dan padasiklus II mengalami peningkatan menjadi 85,9%. Kemampuan kognitif anak dalam berhitung pada siklus Inilai rata-rata ketuntasan belajar sebesar 65% dan meningkat di siklus II menjadi 83%. Berdasarkan hasilpenelitian tersebut, menunjukkan bahwa dengan penggunaan media pohon cerdas dapat meningkatkankemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-10 kelompok A di TK Dunia Suzan Rungkut Surabaya.

Kata Kunci: kemampuan kognitif anak dalam berhitung, media pohon cerdas.

Abstract

Counting is part of mathematics than constitutes a basic skill that needs to be mastered by the childreen. Inthe fact, counting skill at the children is very low, this is because the children feel dificult in counting ormentioning number series, counting by pointing object or pointing object series. On the other hand, theteacher is less in using learning media that is used to carry the result study of children in counting. To solvethe problem, it is perfomed the counting learning by using smart tree media, because by using smart treemedia, the counting learning will be easier, interesting, and comfortable for children. The purpose of thisresearch is to describe learning by implementation to improve cognitive ability of children in counting 1-10by using smart tree media and the obstacles to describe and the solution. This research is Classroom ActionResearch(CAR) with qualitative approach that consists of two cycles. Every cycle consist of four activities;planning, implementation, observation, and reflection. This research was done in TK Dunia SuzanSurabaya for group A with 20 children that consist of 8 boys and 12 girls. The observation result showedthat the teacher activity increased in cycle I with csorw 75% and in cycle II increased 87%. While in thechildren activity, cycle I had score 59,4% and in cycle II increased 85,9%. Then cognitive ability ofchildren in counting in cycle I study completeness score reached 59,4% and in cycle II reached 83%. Basedon the data result it showed that smart tree media can improve cognitive ability of children in counting 1-10 on group A in TK Dunia Suzan Rungkut Surabaya.

Keywords: cognitive ability in counting, smart tree media

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 553