PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK AL-AZIEZ KELOMPOK B PABEAN CANTIAN SURABAYA

  • LILIK NUR JANNAH

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar manusia dalam mengembangkan kepribadian dan kebiasaan yangdilakukannya, salah satunya adalah kebiasaan membaca. Dari pengalaman dan pengamatan yangdidapat oleh peneliti pada anak TK Al- Aziez kelompok B Pabean Cantian Surabaya kemampuanmembaca permulaannya masih rendah dalam merangkai kata menjadi kalimat pendek saja masihmerasa kesulitan dikarenakan dalam mengajarkan membaca permulaan guru tidak menggunakanmedia, sehingga proses belajar menjadi membosankan..Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauhmana penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TKAl-Aziez kelompok B Pabean Cantian Surabaya Jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitiantindakan kelas (PTK). Dari hasil pengamatan dan penelitian yang dilaksanakan pada siklus Ipertemuan 1 nilai ketuntasan yang diperoleh hanya 54%, sedangkan pada pertemuan 2 mencapainilai 67%, namun pada siklus II pertemuan 1 mengalami perubahan hasil yaitu 71% dan padapertemuan 2 akhirnya mendapatkan nilai 83%. Simpulan yang didapat menunjukkan bahwapembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan mambacapermulaan pada anak TK Al-Aziez kelompok B. Saran kepada para guru khususnya bagi gurutaman kanak–kanak yang ingin mengajarkan kemampuan membaca permulaan pada anakhendaknya menggunakan media yang bervariasi.

Kata Kunci: media kartu kata, membaca permulaan

Abstract

Education is the human’s conscious effort in developing personality and their habits. One of theirhabits is reading. Based on the experience and observation of the research toward the B groupchildren at TK Al-Aziez Pabean Cantian Surabaya, their early reading skill is very low. Moreover,they get difficulties in arranging the words into a short sentence. It is because their teachers donot use media to teach their students in early reading skill. It causes their learning process becomea boring activity.This research aims to know the extent of using word cards to improve B groupchildren’s early reading skill at TK Al-Aziez Pabean Cantian Surabaya. This research is aclassroom action research. Based on the observation in the first cycle, the passing score is only54% in the first meeting, and it becomes 67% in the second meeting. In the second cycle, theirresult is 71% in the first meeting, and it becomes 83% in the second meeting. The conclusionshows that learning process by using word card can improve B group children’s early readingskill at TK Al-Aziez.. The suggestion given to the teachers, especially kindergarten teachers whowant to teach early reading skill to their children is that they should use various media.

Keywords : word card, early reading skill.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 602