MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A RA TARBIYATUS SIBYAN LINGK. KEBOAN KEL. GUNUNG GEDANGAN KEC. MAGERSARI KOTA MOJOKERTO

  • Yeni Setyaningrum
  • Nurhenti Simatupang

Abstract

Pembelajaran sains pada pendidikan anak usia dini merupakan pembelajaran yang mampu mengakomodir keingintahuan anak pada lingkungan sekitarnya. Melalui sains, anak dapat melakukan percobaan sederhana sehingga dapat menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif, menunjukkan inisiatif dalam melakukan percobaan serta mengkomunikasikannya. Observasi awal dilakukan di sekolah diketahuhi kemampuan sains anak dalam kegiatan mencampur warna dan mengkomunikasikannya masih mengalami kesulitan di antaranya : anak merasa tidak nyaman dan bosan dalam melakukan kegiatan tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan metode eksperimen guna meningkatkan kemampuan sains anak kelompok A RA Tarbiyatus Sibyan Kota Mojokerto.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains anak di kelompok A RA Tarbiyatus Sibyan Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Tarbiyatus Sibyan Mojokerto yang berjumlah 19 Anak yang terdiri atas 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan sains anak sebesar 72%, hasil penelitian ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak untuk itu perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan sains anak meningkat menjadi 85%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak di RA Tarbiyatus Sibyan Kota Mojokerto. Kata

kunci: metode eksperimen, mencoba dan menceritakan hasil warna kemampuan sains.

 

ABSTRACT

Science education, especially to children at early age are one of many things that can stimulate children curiousity about their surroundings. Through science, children can do a simple experiment that show activity that are explorative, shows initiative when do the experiment and try to explain it. The early observation at school, children science ability for mixing color activity still have difficulty like: children feel bored when do the experiment. To handle the problem, researcher use experiment method in order to increase children science ability at RA Tarbiyus Mojokerto. This research are using class action method that have been designed into 2 cycles. Each cycles consist of 4 steps; planning, take action, observation and reflection. The subject of this research are children at RA Tarbiyus Mojokerto that consist of 19 children. 10 girls and 9 boys. The collectiing data technique are using observation and documentation, meanwhile the analys data are using static descriptive. The result from the first cycle shows that the children science ability are only 72%. The result wasn’t hit the criteria, so we need to continue to the second cycles. At the second cycle, the children science ability up to 85%. Based on the result, we can conclude that the research are succes and from this research we know that through experiment method can help children improve their science ability especially at RA Tarbiyus Gunung Gedangan Mojokerto

Keywords: Experiment Method, Explain color activity

Published
2014-11-01
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 73