MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK BERMAIN WIDYA MERTI KECAMATAN SUKOMANUNGGAL SURABAYA

  • NURIYATI

Abstract

Tujuan Penelitian yang ingin dicapai : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media gambar di Kelompok Bermain Widya Merti Kecamatan Sukomanunggal Surabaya. (2) Mendeskripsikan aktivitas guru dan anak dalam proses belajar mengajar melalui media gambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di Kelompok Bermain Widya Merti Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Dibantu dua orang kolaborator, yang berperan merekam perkembangan data, yang meliputi (1) peningkatkan kemampuan berbahasa anak, (2) aktivitas anak selama proses belajar, serta (3) aktivitas guru selama proses belajar mengajar. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan fakta sesuai dengan data, untuk mengetahui prestasi belajar, respon, serta aktivitas anak terhadap kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, indikator kinerja anak dalam meningkatkan kemampuan berbahasanya mencapai 50% (10 anak). Pada siklus II, mencapai 85% (17 anak), sehingga ketuntasan belajar anak secara keseluruhan telah terpenuhi.Dari seluruh proses penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan media gambar ternyata dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada Kelompok Bermain Widya Merti Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.

Kata kunci: kemampuan berbahasa anak, media gambar.

Abstract

The purposes of the study were: 1) to know the increase of children’s language skill through picture media in Play Group Widya Merti Sukomanunggal Surabaya. 2) to describe teacher and students activities in learning process by picture media to increase children’s language skill in Play Group Widya Merti Sukomanunggal Surabaya.The process of collecting data used observation technique. It is helped by two people to record the improving data, included 1) children’s language skill, 2) children’s activities during learning process, 3) teachers activities during learning process. The data analysis is done qualitative descriptively which has function to describe the real data, to know learning achievement, responds, and children’s activities to learning process.The research result shows that in the first cycle, children’s study indicator to increase their language skill is 50% (10 children) and to be 85% (17 children) in the 2nd cycle, so that children’s completeness of study have been completed totality.From all of process of research that has been done can be concluded that the application of picture media can be used as one of ways to improve children’s language skill in Play Group Widya Merti Sukomanunggal Surabaya.

Key words: children’s language skill, picture media

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 38