MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK BAHRUL ULUM SURABAYA

  • NUR HAYATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep penjumlahan danpengurangan melalui metode Jarimatika pada anak kelompok B di TK Bahrul Ulum Surabaya. Mengarah pada alternatiftindakan pemecahan masalah, peneliti berupaya menemukan solusi melalui penelitian tindakan kelas (PTK) denganperlakuan 2 (dua) siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Bahrul Ulum Surabaya yangberjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data menggunakantehnik observasi, tanya jawab dan dokumentasi. Tehnik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Rata-ratatingkat capaian perkembangan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B TkBahrul Ulum Surabaya padasiklus 1 mencapai 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Maka dapat diambilkesimulan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep penjumlahan danpengurangan pada anak kelompok B di TK Bahrul Ulum Surabaya.

Kata kunci: metode, jarimatika, konsep, penjumlahan dan pengurangan

Abstract

This research aimed to know the increase of the ability of recognizing the addition and subtraction concept throughJarimatika method in group B TK Bahrul Ulum Surabaya. Based on the action of problem solving, the researcher triedto find the solution by Classroom Action Research with 2 cycles. The subject of this research is the children of group BTK Bahrul Ulum Surabaya number in 20 children consist of 11 sons and 9 daughters.The collecting data techniqueused observation, exercise and documentation. The technique of analyzing data is descriptive, qualitative andquantitative. The average of the development achievement of the ability of recognizing the addition and subtractionconcept in group B TK Bahrul Ulum Surabaya is 60% in the cycle I and increase to be 85% in the cycle II. So, it can beconcluded that the application of Jarimatika method can increase the ability of recognizing the addition andsubtraction concept in group B TK Bahrul Ulum Surabaya.

Key words: Jarimatika method, the ability of recognizing the addition and subtraction concept

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 1585