MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN PRACTICAL LIFE KELOMPOK-A DI RA AL-IKHLAS MEDOKAN AYU RUNGKUT SURABAYA

  • TUTI ROHMAH

Abstract

Pokok permasalahan adalah kurangnya kemandirian anak kelompok A di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Surabaya dalam kehidupan sehari-hari. Penyebab utama adalah tidak adanya kegiatan Practical Life pada proses pembelajaran, sehingga menghasilkan anak kurang bisa mandiri dalam setiap pembelajaran mengenai kemandirian anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatkan kemandirian anak Kelompok A di RA Al- Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya dengan adanya kegiatan Practical Life. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A di RA Al- Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya, Tahun pelajaran 2012-2013. Data yang diperoleh berupa hasil lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa pada pembelajaran siklus I terdapat 16 dari 25 anak atau 64% anak mandiri. Dan pada siklus II naik menjadi 23 anak dari 25 atau 92% anak sudah mandiri. Artinya adanya suatu peningkatan yang lebih baik.Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan metode kegiatan Practical Life menunjukkan peningkatan kemandirian anak didik secara signifikan di RA Al- Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya.

Kata Kunci : Kegiatan Practical Life, Kemandirian Anak

Abstract

The main problem in this research is the lack of group A children‟s confidence at RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Surabaya in their daily life. The main cause is that there is not practical life activity in the learning process so that it can make the children are less independent in every lesson related to the children‟s independent. The purpose of this research is to know the improvement of group A children‟s independent at RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya by using practical life. This research is a classroom action research which consists of two cycles. Each cycle consists of four steps. There are planning, treatment, observation, reflection and revision. The objects of this research are group A children at RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya, academic year of 2012-2013. The data are in the form of observation sheet of learning and teaching process. Based on the analysis, there are 16 among 25 children or 64% who are independent in the first cycle. There are 23 among 25 children or 92% who are independent in the second cycle. It means that there is a good improvement. The conclusion of this research is that the use of practical life shows a good improvement of children‟s independent significantly at RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya.

Keywords : practical life, children‟s independent

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 893