MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM MUTIARA SURABAYA

  • TRI YUNI YANTI

Abstract

Meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A di TK Islam Mutiara Surabaya, merupakan salah satu tujuan utama guna pembentukan perilaku pada anak, adapun faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku tidak disiplin adalah proses pembelajaran yang dilakukan tenaga pendidik cenderung pada pencapaian target materi, mementingkan pada penghafalan konsep serta kurang dakam penanam disiplin anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disiplin melalui metode bercerita pada anak kelompok A di TK Islam Mutiara Surabaya. Dengan rumusan masalah, yaitu apakah metode bercerita dapat meningkatkan disiplin anak kelompok A di TK Islam Mutiara Surabaya.Menggunakan pada alternatif tindakan pemecahan masalah, penelitian berupaya menemukan solusi melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan perlakuan 2 (dua) siklus, subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Islam Mutiara Surabaya yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan analisis melalui uji penelitian kualitatif, rata-rata tingkat pencapaian dalam meningkatkan disiplin melalui metode bercerita pada kelompok A di TK Islam Mutiara Surabaya pada siklus I mencapai 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan disiplin pada anak kelompok A di TK Islam Mutiara Surabaya.

Kata Kunci : Metode Bercerita, Kedisiplinan Anak

Abstract

Imprving A group children’s disicipline at TK Islam Mutiara Surabayais a main goal to create children’s attitude. There are some factors which can cause students are not disipline. There are (1)learning proses which conducted by the tachers only focus on the goal achievement and (2) the learning process only focus on the concept of memorizing rather than rain disipline improvement through telling stpry at A group childrem of TK Islam Mutiara Surabaya. The research problems used in this research are whetherthe use of telling story method can improve children disipline and how telling story method improves children’s discipline at A group a children TK Islam Mutiara Surabaya.By yusing an alternative to solve the problem, the researcher tries to find a solution through a classroom action research in two cyles. The subject of this research are 20 children of grup A at TK Islam Mutiara Surabaya. They are 11 boys and 9 girls.The data collecting teachique used is observation. The data analysis used is qualitative research test. The average children’s achivement in improving their discipline ata TK Islam Mutiara Surabayais 65% in the first cycle and it becomes 95% in the second cycle. Based on the data, it can concluded that the use of telling story can improve children’s discipline of group A at TK Islam Mutiara Surabaya.

Keyword : Telling Story Method, childern’s discipline

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 841