MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG DI KELOMPOK A TK ISKANDAR SAID SURABAYA

  • NUR CHOLIFAH

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh anak kelompok A TK Iskandar Said Surabaya kemampuan berbahasa yang harus tergali pada anak didik, yaitu kemampuan kosakata. Faktor penyebabnya adalah penggunaan media yang kurang menarik bagi anak. Hal ini menyebabkan anak bermain sendiri pada waktu guru bercerita dengan metode boneka wayang. Untuk itu mengarah pada alternatif tindakan perbaikan untuk meningkatkan kosakata anak, perlu melakukan penelitian ilmiah, dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang didukung dengan penerapan metode bercerita dengan media boneka wayang. Adapun permasalahan yang dibahas pada penelitian ini, Apakah penggunaan metode bercerita dengan media wayang dapat meningkatkan kosakata anak pada kelompok A TK Iskandar Said Surabaya?, dengan tujuan ingin mengetahui keunggulan penggunaan metode bercerita dengan media boneka wayang dalam meningkatkan kosakata pada anak didik kelompok A TK Iskandar Said Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh dari data hasil pengamatan aktivitas anak,guru serta tingkat pencapaian kemampuan kosakata anak yang mengalami peningkatan signifikan pada setiap siklusnya. Sebagaimana penyajian hasil rata-rata persentase siklus I yang memperoleh persentase ketuntasan sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak, khususnya pada kelompok A.

Kata kunci: metode bercerita, boneka wayang, kosakata

Abstract

A problem faced by group A children of TK Iskandar Said is children’s linguistic skill must be developed, especially vocabularies list. It is because of the lack of the use of interesting media for the children. It can cause the children play by themselves when the teacher is telling the story by using puppet. Based on that background, there is an alternative way to improve children’s vocabularies. A scientific research must be conducted by using a classroom action research. It is supported by the use of storytelling by using puppet. The research problem discussed in this research is whether the use of storytelling by using puppet can increase group A children’s vocabularies at TK Iskandar Said. This research aims to know the goodness of using storytelling by using puppet to increase group A children’s vocabularies at TK Iskandar Said Surabaya. Based on the data which come from the observation of teachers’ activity and students’ activity, students’ vocabularies is increased in every cycle. In the first cycle, the average percentage is 60% and it becomes 85% in the second cycle. Based on the result, it can be concluded that the use of storytelling is very effective to increase group A children’s vocabularies.

Keywords : storytelling method, puppet, vocabularies

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 82