MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KOTAK BABA PADA KELOMPOK B DI TK AL- HIKMAH RUNGKUT SURABAYA

  • NUR KHOLIFAH

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar masalah yang timbul untuk mengetahuikemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Al-Hikmah RungkutSurabaya. Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sngat pentingdimiliki dan di kuasai oleh seseorang. Kemampuan membaca merupakan modal utama untukmembuka jendela masa depan dan sebagai langkah awal menguasai ilmu pengetahuan.Kemampuan membaca permulaan dapat di tingkatkan sesuai dengan tingkat perkembangananak. Untuk memaksimalkan kemampuan membaca anak sesuai tingkat perkembangannyamaka diperlukan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristikpebelajaran anak Tk. Belajar membaca permulaan melaui media kotak baba meruapakanalternatif yang bisa diterapkan dalam pembelajaran membaca permulaan. Media kotak babadapat merangsang baca anak, dapat menimbulkan semangat belajar dan menarik perhatiananak sehingga proses belajar dapat berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Penelitianini dilakukan pada anak kelompok B di Tk Al-Hikmah yang berlokasi di kaliwaru 1 No 8ARungkut Surabaya dengan jumlah anak 20 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 12 anaklaki-laki. Media yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian untuk meningkatkankemampuan membaca permulaan ini adalah media kotak baba. Hasil penelitian ini diperolehsetelah penulis mengadakan pengamatan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasanbelajar. Rata-rata tingkat pencapaian perkembangan kemampuan membaca permulaan padaanak kelompok B TK Al- Hikmah Rungkut Surabaya pada siklus 1 mencapai 55 % danmeningkat pada siklus II mencapai 85 %.Secara keseluruhan media kotak baba dapat meningkatkan kemampuan membacapermulaan pada kelompok B di Tk Al-Hikmah Rungkut Surabaya.

Kata kunci : Media Kotak Baba, Membaca Permulaan.

Abstract

This research is based on the problem to know group B children’s early readingskill for at TK Al-Hikmah Rungkut Surabaya. Reading is one of the language skills which isvery important and must be mastered. Reading skill is an important way to look at the futureand to master the knowledge early. Reading skill for beginners can be improved based on thechildren’s development. An appropriate method and learning media which are appropriatewith the kindergarten children’s learning characteristics are needed to maximize children’sreading skill based on their characteristics.This research is conducted at Group B children of TK Al Hikmah Kindergarten. It islocated at Kaliwaru 1 number 8A Rungkut Surabaya. There are 20 children. They are 8 girlsand 12 boys.The purpose of this research is to improve reading skill for beginners by using babasquare at group B of TK Al Hikmah Surabaya. Based on the alternative to solve the problem,the researcher tries to find the solution through a classroom action research. The data collecting techniques are observation, questions and answer,documentation, descriptive, qualitative, and quantitative.The media used to collect the data is baba square. It is used to improve children’searly reading skill.Based on the observation conducted by the researcher, the research shows that itneeds two cycles to achieve the target. The average achievement of group B children’s earlyreading skill at TK AL Hikmah in the first cycle is 55% and it becomes 85% in the secondcycle.It can be concluded that the use of baba square can improve group B children’searly reading skill for beginners at TK Al Hikmah Rungkut Surabaya.

Keywords : Baba square,realy reading skill for beginners.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 502