METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II BABAT LAMONGAN

  • DINI ERLA MUFIDA
  • Siluh Made Astini

Abstract

Pendidikan anak Taman Kanak-kanak (TK) bertujuan untuk membantu pengembangan seluruh potensi dan kemampuan intelektual dan sosial emosional. Keberhasilan individu dalam hidup ditunjang dengan berbagai kemampuan terutama kemampuan sosial emosional yang baik, maka keberhasilan hidup seseorang lebih ditentukan oleh kemampuan sosial emosionalnya dibandingkan dengan kemampuan intelektual. Metode bercerita dengan media boneka tangan untuk perkembangan kemampuan sosial emosional anak kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal II Babat-Lamongan.maka dilakukan melalui pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pendekatan penelitian ini, peneliti melakukan observasi langsung kepada guru untuk diwawancarai tentang bagaimana keadaan anak didiknya untuk perkembangan kemampuan sosial emosionalnya dalam kegiatan bercerita dengan media boneka tangan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Babat-Lamongan, dan juga untuk mengetahui apa saja manfaat bercerita yang di perolehanak. Dari hasil penelitian yang diperoleh, ada beberapa perkembangan sosial-emosional anak ada 3 salah satunya yaitu anak dapat mengaplikasikan perkembangan sosial-emosionalnya dengan bergaul dan berbagi dengan teman, danmanfaat yang diperoleh anak dalam mengikuti kegiatan bercerita salah satunya sebagai sarana pendidikan imajinasi/fantasi anak.Kegiatan berceritalebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi anak,diharapkan guru-guru mau mencoba dan menjadikan kegiatan bercerita sebagai salah satu kegiatan pembelajaran disekolah.

Kata kunci :berceritadengan media boneka tangan dan kemampuan sosial emosional

Abstract

Children's education of Kindergarten (TK) aim to help the development of all potential and intellectual ability and social life emotional. Individuals succeed in life are supported by various abilities, especially good social-emotional ability, then the success of one's life is determined by more social-emotional abilities compared with intellectual ability. Story-Telling method with hand doll media for children’s emotional social skills development at group B in TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Babat Lamongan, then conducted throughqualitativeresearchapproach. Inthisresearch approach, the researcherdirectlyobservedthe teachertobe interviewedabouthow their studentstothe develop ofsocialemotionalskillsinstorytellingactivitieswithmediapuppetsin TK AisyiyahBustanul Athfal II Babat-Lamongan, andalso how to knowwhat werethe benefits ofstorytellinggot by children’s. From theresultsobtained, there were 3 severalsocial-emotionals development ofchildren’s,one of them wasto apply thesocial-emotional developmenttohang out andsharewith friendsandbenefitsin followingchildren’stoldone of them asa means of educationimagination/fantasychildren’s. Storytelling activity was more effective andprovide optimal resultsfor children’s,teachers were expected wanted to tryand make theactivities ofstorytellingas alearning activityin school.

Keywords: storytelling method with hand doll and emotional social skill

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 280