PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A RA ROUDLOTUL ISLAMIYAH SIDOARJO

  • MIFTACHUL ULAH

Abstract

Kenyataan pada masa sekarang adalah anak TK harus dapat membaca untuk masuk kejenjang sekolah SD. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya yang kreatif agar anak dapat tumbuh optimal dengan kondisi yang nyaman dan menyenangkan. Akan tetapi hal tersebut tidak nampak di RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo, karena di RA Roudlotul Islamiyah ini pengenalan huruf hanya menggunakan papan tulis dan spidol. Salah satu upaya yang kreatif dalam pengenalan huruf yaitu melalui kegiatan menggunakan media flash card.Merujuk pada permasalahan tersebut makadapat dirumuskan permasalahan apakah penggunaan media flash card dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA Roudlotul Islamiyah sebelum diberikan media flash card dan sesudah diberikan media flash card serta untuk menganalisis data tentang pengaruh media flash card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA Roudlotul Islamiyah SidoarjoJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimen. Dengan design One Group Pre-Test and Post-Test. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah Tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari perhitungan antara sebelum diberikan media flash card dan sesudah diberikan media flash card dapat diketahui t = 17,4 setelah dibandingkan dengan nilai t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 derajat kebebasan (d.b) = 22 maka diketahui t tabel sebesar 2,07. Karena hasil uji t lebih besar dari harga t tabel, maka hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak.

Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, media flash card

Abstract

Nowadays, kindergarten children must be able to read when they want to continue their study to the primary education. Based on that reason, a creative way is needed to make the children grow optimally in a comfortableand enjoyable condition. Unfortunately, it does not exist at RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo, because the teachers only use board and marker in teaching. A creative way to recognize the letters is by using flash cards.Based on the problem above, the research question is whether the use of flash cards affect the A group children’s ability to recognize the letter at RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo. The aim of this research is to know the A group children’s ability to recognize the letter at RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo before and after applying flash cards, this is to analyze the effect of flash cards for the A group children’s ability to frecognize the letter at RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo.This research is a Pre Experiment by using One Group Pre-Test and Post-Test design. The data collecting technique is test. The data analysis used is t test. The result between before and after giving flash cards is t = 17,4. Then, it is compared to t table in the significant level of 0,05 and free level (d.b) of 22. It is found that t table is 2,07. Because t test is bigger than t table , it means the use of flash cards can affect the A group children’s ability to recognize the letter at RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo. The use of flash cards shows a significant effect for the children’s ability to recognize the letter.

Keywords : the ability to recognize the letter, flash cards

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 210
PDF Downloads: 647