PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP WARNA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DENGAN STYROFOAM PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK ISLAM AL FAJAR SURABAYA

  • MASTIJA

Abstract

Kemampuan pengenalan konsep warna anak kelompok A TK Islam Al Fajar masih tergolong rendah (menyebutkan nama-nama warna, mengelompokkan warna yang sama, menyebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar anak, mengurutkan pola berdasarkan warna) yaitu di bawah 60% dari hasil yang diharapkan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan kemampuan pengenalan konsep warna melalui permainan edukatif dengan styrofoam pada anak usia dini kelompok A di TK Islam Al Fajar Surabaya. Hal ini dikarenakan belum pernah memakai styrofoam, mudah dibawa, tidak berbahaya dan mudah mendapatkannya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Islam Al Fajar dengan lokasi penelitian di TK Islam Al Fajar Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan pengumpulan data. Teknis analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan edukatif dengan styrofoam dapat meningkatkan kemampuan pengenalan konsep warna pada anak usia dini kelompok A TK Islam Al Fajar karena berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan mulai dari analisis data siklus satu sampai dengan analisis data siklus dua diketahui bahwa rata-rata peningkatan dari 40% menjadi 97%. Kemampuan pengenalan konsep warna melalui permainan edukatif dengan styrofoam pada anak usia dini kelompok A TK Islam Al Fajar Surabaya mengalami peningkatan secara bertahap yakni dari kemampuan pengenalan konsep warna kurang menjadi baik setelah diadakan penelitian.

Kata kunci: konsep warna, permainan edukatif, styrofoam, anak usia dini

Abstract

The ability of recognizing the concept of color in group A TK Islam Al Fajar is still low (mentioning colors, grouping the same color, mentioning things around them, arranging the system based on the color) that is not more than 60% from the expected result. This research aimed to increase the ability of recognizing the concept of color through educative game with styrofoam in childhood in group A TK Islam Al Fajar Surabaya. The styrofoam is used because it is never used, easy to bring, not danger and easy to get. The subject of this research is children in group A TK Islam Al Fajar Surabaya. The collecting data technique is observation and collecting the data. The analyzing data techniq ue used descriptive qualitative analyze. The analyzing data that has been carried out from cycle one until cycle two get the average of increase from 40% to be 97%. Based on the result, it can be concluded that the educative game with styrofoam can increase the ability of recognizing the concept of color in childhood in group A TK Islam Al Fajar Surabaya. After carrying out this research, the ability of recognizing the concept of color through educative game with styrofoam in childhood in group A TK Islam Al Fajar Surabaya increase to be better than before.

Key words: the concept of color, educative game, styrofoam, childhood

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 303