MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN MUSIK PADA KELOMPOK B TK HANG TUAH 7 SURABAYA

  • UMI MUKHOYAROH

Abstract

Mengembangan karakter anak haruslah dilakukan secara terus menerus berjalan seiringdengan proses penyesuaian diri anak dengan lingkungan sosialnya, agar anak dapatmengendalikan perilaku secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya, orangdewasa, serta dapat menolong dirinya dalam rangka kecakapan hidup, karena itu banyakcara yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan karakter anak, salah satunyamelalui kegiatan musik. Kegiatan tersebut kegiatan yang digemari dan menyenangkan bagianak sehingga sangat efektif untuk mengembangkan potensi dan kreativitas anak.Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Pertama, apakah dengan musik dapat mengembangkan karakter anak di kelompok B TKHang Tuah 7 Surabaya? dan yang kedua bagaimana kegiatan musik dapat mengembangkankarakter anak?.Tujuan dari penelitian ini yaitu : Pertama untuk mengetahui apakah dengan musikdapat mengembangkan karakter anak dan yang kedua untuk mendeskripsikan bagaimanakegiatan musik dapat mengembangkan karakter anak kelompok B TK Hang Tuah 7Surabaya.Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Observasi) ini dirancang melalui 2siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap satu siklusnya. Setelah peneliti mengembangkankarakter anak melalui kegiatan musik, maka terlihat pengembangan karakter anak yangsudah sesuai harapan dapat mencapai 97 % atau 24 anak dari 25 jumlah anak.Dari kenyataan itu, dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan musik dapatdigunakan untuk mengembangkan karakter anak terutama di kelompok B TK Hang Tuah 7Surabaya.

kata kunci : karakter, kegiatan musik

Abstract

Developing children’s character must be done continuously while the children tryto adapt with their social environment, so that the children can manage their attitude well,can interact with their friends, adult, and can help themselves by using their life skill. Thereare many ways that can be used by the teachers to develop childrens, one of them is by usingmusic. Playing music is an activity which is very enjoyable for the children, so it can be veryeffective to develop children’s potency and creativity.Based on the background above, the research problems in this research are; (1) canthe use of music improve children’s character at group B of TK Hang Tuah 7 Surabaya?And (2) How can music develop children’s character?The purposes of this research are to know whether the use of music can developchildren’s character and to describe how the use of music develop children’s character atgroup B of Hang Tuah 7 Surabaya.This research is a classroom action research. This research is designed in twocycles. Each cycle consists of two meetings. After the teacher developed children’s character by using music, the children’s character development can achieve the target.There are 24 among 25 children who can achieve the target or 97%.Based on the data, it can be concluded that the use of music can developchildren’s character especially at group B of Hang Tuah 7 Surabaya.

key words: Character, Music

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 52