PENINGKATAN KEMAMPUANANAK DALAMMENGENALBILANGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK YAPITA SURABAYA

  • Rohimah Rohimah

Abstract

Pengembangan kemampuan mengenal bilangan pada anak dalam mengembangkan kemampuan berfikir agar anak dapat menemukan bermacam-macam alternatif dalam pemecahan masalah. Namun Taman Kanak-Kanak merupakan lembaga prasekolah yang memiliki keunikan yang khas untuk menarik minat pada anak kelompok B di TK Yapita Sukolilo Surabaya yang berjumlah 20 anak memiliki masalah dalam mengenal bilangan 1-20 karena belum tepatnya metode yang digunakan oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok B di TK Yapita Sukolilo Surabaya, karena dalam kesehariannya anak masih merasa kurang dalam mengenal bilangan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Yapita Sukolilo Surabaya yang berjumlah 20 anak terdiri dari 7 putra dan 13 putri. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi untuk menghimpun data yang dilakukan dengan cara tanya jawab secara lisan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peningkatan kemampuan anak untuk mengenal bilangan melalui metode bermain kartu angka menunjukkan hasil pada siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 50%, serta siklus III mencapai 90%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengenal bilangan melalui permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dengan hasil yang memuaskan, sehingga dapat mendorong anak untuk menerima materi pembelajaran. Penerapan metode permainan kartu angka dapat melatih keterampilan anak, sehingga kegiatan belajar mengajar di TK Yapita menjadi lebih menggembirakan.

Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Bilangan, Kartu Angka

Abstract

Developing children’s ability to recognizethe numbers in their thinking development process is needed in order to make them are able to find many kinds of alternative solution to solve the problem. Unfortunately, is a preschool institution which has certain characteristics to attract group B children’s interest TK Yapita Sukolilo Surabaya.There are 20 children who get difficulties in recognizing number 1-20 because of inappropriate methods used by the teacher. Based on that reason, the purpose of this research is to know the use of numeric cards game to improve group B children’s skill TK Yapita kindergarten Sukolilo Surabaya. It is because the children are still lack of the ability in recognizing the number in their daily life.The subjects of this research are 20 children of group B TK Yapita Sukolilo Surabaya. It consist of 7 boys and 13 girls. Based on the research, the improvement of children’s ability to recognize number is 40% in the first cycle and it becomes 50 in the second cycle and it becomes 90% in the third cycle. Based on the data, it can be concluded that the result of learning process through numeric card game can improve children’s skill is satisfying. It can support the children to accept the learning materials. The use of numeric card game can train children’s skill, so that the learning and teaching process TK Yapita can be more enjoyable.

Keywords : the abilityto recognize the number, numeric cards

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 26