PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA GUNUNG GEDANGAN II KOTA MOJOKERTO

  • Ika Mei Hariyati
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di Taman Kanak-Kanak yaitu bidang pengembangan kognitif. Pengembangan bidang kognitif dapat diperoleh melalui kegiatan berhitung, membilang, mengenal konsep angka dan bilangan. Kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto masih belum maksimal, yang ditandai dengan seringnya melakukan kesalahan-kesalahan dalam menghitung. Hal ini disebabkan karena pembelajaran dalam menghitung kurang menarik perhatian anak. Oleh karena itu perlu dilakukan kreativitas dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media kartu angka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu angka pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dirancang dalam bentuk 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalahanak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto, dengan jumlah 20 anak yang terdiri atas 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif . Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak sebesar 45%. Hasil presentase belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu 80%, oleh karena itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota MojokertoKata

Kunci : Media Kartu Angka, kemampuan kognitif anak.

Abstract

One of the development field that have to be teaching at kindergarten is cognitif ability. Cognitif ability can be improved through counting activity and recognize numeric concept. Cognitif ability to recognize summation and deduction at group b TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II still not reach the maximum capability, it was happen because children do mistakes when do summation. This is happen because at counting activity, children lost their interest in mathematics. Because of that, need an creativity in learning activity, one of it are using numeric card as the learning media. The purpose of this research is to know the improvement of children cognitif ability through numeric card media at TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II MojokertoThis research are using class action method that consist of 2 cycle. Each cycles consist of 4 steps; planning, take action, observation and reflection. Subject of this research are children at TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II Mojokerto that consist of 20 children, 10 boys and 10 girls. The collecting data technique are using observation and documentation, meanwhile the analys data technique are using static descriptive.Based on result at the first cycle shows that children cognitif ability only have 45%. The research still not complete yet because the result still doesn’t hit the criteria because the criteria are 80% so we have to continue to the second cycle. At the second cycle, we got 85%, it means that the research was succes. Based on the result, we can conclude that using numeric card can increase children cognitif ability especially for the children at TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II Mojokerto.

Keyword: Numeric Card Media, Children Cognitif Ability.

Published
2014-11-01
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 42