PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA MAJALAH CITRA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTINI SURABAYA

  • ANI SETYARINI

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pendidikan untuk membantu perkembangan jasmani dan rohani anak didik di luar lingkungan keluarga yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan sebelum memasuki pendidikan lebih lanjut. Pentingnya pendidikan tersebut adalah agar anak dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui berbagai pemberian rangsangan dari orang dewasa atau lingkungan sekitar. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Setelah mengadakan observasi, peneliti menemukan sebuah masalah bahwa di TK Kartini kemampuan kognitif anak kelompok B masih kurang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak tersebut, seorang guru harus dapat memilih dan menggunakan media yang ada. Dari berbagai media yang ada, maka yang dapat digunakan untuk anak-anak usia dini adalah media cetak yang berupa majalah anak. Sebab dalam majalah anak dilengkapi ilustrasi gambar dan tulisan yang dapat menarik perhatian anak usia dini. Dalam penelitian ini penulis memilih majalah Citra karena berdasarkan pengamatan dari peneliti, majalah Citra di dalamnya terdapat lebih dari 2 materi yang berisi tentang kemampuan kognitif anak.
Sesuai dengan uraian tersebut di atas, maka peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Majalah Citra Pada Anak Kelompok B di TK Kartini Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif anak Kelompok B di TK Kartini. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi untuk subyek penelitian ini adalah
2 anak Kelompok B di TK Kartini yang berjumlah 32 anak.
Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh prosesntase hasil observasi 82,9% jika dikonversikan dengan kriteria penilaian masuk dalam kategori Baik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media majalah Citra bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam menghubungkan lambang bilangan 1-10 dengan gambar melalui media majalah citra pada anak Kelompok B di TK Kartini Surabaya.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Majalah Citra


Increased Cognitive Ability With Image Citra Magazine Through Media on Children in Kindergarten at Kartini Kindergarten Surabaya

ANI SETYARINI


ABSTRACT


Early childhood education is an educational effort to help the physical and mental development of students outside the family environment through education stimulus before entering further education. The importance of education is to enable children to develop the full potential through the provision of stimulation from adults or the environment. This period is a time to lay the first foundation in developing the physical, cognitive, language, social, emotional, self-concept, self-discipline, independence, art, moral, and religious values. After conducting observations, researchers found an issue that in TK Kartini cognitive ability of the child group B is still lacking. One of the efforts made to improve the cognitive abilities of the child, a teacher should be able to select and use media. From a variety of media, which can then be used for children early age is a form of print media magazine child. Because the child has illustrated magazines and papers that can attract the attention of young children. In this study the authors chose Image magazine as based on observations of the researcher, the magazine image in which there are more than 2 material contains about children's cognitive abilities.
In accordance with the above description, the researchers are encouraged to conduct research entitled "Improving Cognitive Ability With Image Magazine Image Through Media on Children in Kindergarten at Kartini Kindergarten Surabaya". This study aims to investigate the improvement of cognitive ability in kindergarten at Kartini Kindergartener. The type of research is action research using data collection methods such as observation, interviews, documentation for the subjects of this study were kindergarten students at Kartini Kindergarten totaling 32 children.
From the data analysis, observations obtained percentage of 82.9% when converted to the assessment criteria in the category Good. Thus it can be stated that the use of the media image of the magazine useful for improving cognitive ability in connecting symbol numbers 1-10 with pictures in magazines media images on children in kindergarten at Kartini Kindergarten Surabaya.


Keywords: Cognitive Ability, Citra Magazine

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 1951