STUDI DESKRIPTIF PEMAHAMAN ORANGTUA TENTANG CARA PEMBERIAN PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK
Abstract
Kemajuan teknologi semakin hari berkembang sangat pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sangat merubah pola pikir manusia menjadi pola pikir serba instan, salah satu bentuk perkembangan teknologi pada saat ini yang beredar dimasyarakat adalahgadget. Gadget merupakan benda yang berisi aneka aplikasi yang telah terkenal dikalangan orangtua maupun benda yang menjadi sahabat yang dekat dengan anak. Penggunaan gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa melainkan anak-anak juga menggunakan untuk bermain game dan melihat youtobe. Peraturan penggunaan gadget sangat penting untuk diberikan kepada anak agar anak dalam menggunakan gadget dapat terkontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman orang tua tentang cara pemberian peraturan penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak dan mengetahui dampak gadget pada perkembangan sosial emosional anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara pada orangtua, dokumentasi menggunakan dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman orangtua tentang cara pemberian peraturan penggunaan gadget kepada anak : 1. Orangtua belum memberikan kesepakatan kepada anak tentang peraturan penggunaan penggunaan gadget, 2. Dalam waktu jam istirahat anak lebih menghabiskan waktu bermain gadget daripada bermain dengan teman-temanya, 3. Dalam penelitian ini anak menggunakan gadget tanpa adanya kesepekatan atau peraturan dalam penggunaan gadget. Dampak gadget pada perkembangan sosial emosional yaitu : 1. Anak tidak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya, 2. Anak menjadi kecanduan gadget, 3. Anak lebih suka menyendiri karena saat bermain gadget anak lebih asyik bermain dengan gadget daripada bermain dengan temanya. Hal ini pemahaman orangtua tentang pemberian peraturan penggunaan gadget sangat perlu untuk diberikan kepada anak agar tidak menjadi dampak pada perkembangan sosial emosional pada interaksi sosial anak.
Kata Kunci : Gadget, Pemberian Peraturan, Anak usia Dini
Downloads

